April 14, 2013

Android Bisa Digunakan Untuk Membajak Komunikasi Pesawat ? FAA Membantahnya

FAA membantah klaim seorang peretas yang mendemonstrasikan perangkat Android hingga dapat digunakan untuk membajak pesawat lalu mengendalikannya.

 
 http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/de/US-FederalAviationAdmin-Seal.svg/200px-US-FederalAviationAdmin-Seal.svg.png

Sebelumnya dikabarkan seorang peretas bernama Hugo Teso yang dulunya mantan pilot dan ahli keamanan profesional menunjukkan bagaimana pembajakan pesawat dapat dilakukan dengan hanya menggunakan perangkat Android dan aplikasi bernama PlaneSploit.

Dari demonstrasinya, diketahui bahwa dua sistem penerbangan yang paling penting, The Automated Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B) dan The Aircraft Communications Addressing and Reporting System (ACARS) ternyata tidak terenkripsi dan tidak terotentikasi.

Hal ini dapat memungkinkan siapa pun dengan alat yang tepat dan sedikit pengetahuan dapat mengakses sistemnya dari jarak jauh dengan mudah.

Namun klaim tersebut dibantah oleh FAA (Federal Aviation Administration) yang merupakan lembaga penerbangan sipil di AS.

Mereka menyebutkan bahwa trik ini tidak dapat digunakan untuk menjebol penerbangan yang bersertifikat, dan masyarakat tidak perlu khawatir tentang keamanan penerbangan akan hal ini, seperti yang diwartakan InformationWeek.

Pembelaan FAA mungkin benar, mengingat Teso mendemonstrasikannya bukan pada pesawat asli, tetapi pesawat virtual dengan dalih menggunakan pesawat asli sifatnya ilegal, sehingga memang belum ada pembuktian nyata dari trik ini.

Bagaimanapun, jika ditelusuri lebih dalam sebenarnya Teso memiliki niat cukup mulia.

Ia hanya ingin menunjukkan bahwa keamanan sistem komputer dan protokol komunikasi dari sistem penerbangan saat ini masih tidak aman dan dapat dengan mudahnya dijebol oleh siapapun, terlepas apakah trik ini dapat digunakan di pesawat bersertifikat atau tidak.

Ia jelas memiliki harapan bahwa dengan trik temuannya ini, sistem penerbangan dapat lebih diperketat keamanannya demi penerbangan yang bebas dari ancaman sabotase dan tindak pembajakan.












references by http://adf.ly/MwFbf

 
Like us on Facebook