April 14, 2013

Gangguan Koneksi Internet? Hati-Hati Mungkin Ada BotNet

Internet sudah menjadi bagian hidup masyarakat modern. Sayangnya, tak banyak yang sadar akan ancaman serius di dunia maya itu.

Begitu perangkat digital terhubung ke Internet, saat itu juga bermacam gangguan langsung menyerbu, dari e-mail sampah, virus, hingga program jahat atau malware.


http://www.itp.net/images/content/573712/article/1341-virus-wa_article.jpg


Saat ini ada empat jenis gangguan utama yang kerap menyambangi pengguna Internet secara global, yakni virus, worm, malware, dan botnet.

"Ada yang dilatari kepentingan finansial, ada juga berlatar politik," kata Antonius Wisanggeni, Vice President Network Biznet Network.

Untuk itu, Anton menyarankan pengguna terus meng-update antivirus terkini agar lebih aman saat berselancar di Internet. Salah satu serangan yang melumpuhkan adalah botnet.

Istilah ini merujuk pada program terkoneksi di Internet yang bisa berkomunikasi antara satu dengan lainnya untuk bekerja sama melakukan suatu tugas.

Tugas itu bisa untuk mengendalikan sebuah komputer hingga membanjiri target dengan e-mail sampah atau trafik hingga membuat server yang terkena menjadi lumpuh.

Komputer bisa terinfeksi botnet ketika mengunduh suatu program atau membuat attachment pada e-mail. Jika ini terjadi, komputer bisa dikendalikan dari jarak jauh oleh si pengirim botnet.

Botnet pertama yang diketahui dikirimkan oleh seorang spammer bernama Khan C. Smith pada 2001. Kasus ini berakhir di pengadilan dengan si pengirim menjalani hukuman.

:: Distributed Denial of Service (DDoS)
Serangan ini paling populer dan kerap diasosiasikan dengan botnet. Ribuan komputer secara bersamaan mengakses sebuah server dan membanjirinya dengan permintaan akses. Karena permintaan membludak, server yang menjadi target akan kewalahan dan lumpuh. Sasarannya biasanya adalah situs populer, seperti perbankan, payment gateway, dan situs pemerintah. Tindakan ini termasuk kategori kriminal dan pelaku bisa dikenai hukuman.

:: Adware
Istilah ini merupakan singkatan dari advertising-supported software. Botnet semacam ini memiliki tujuan finansial, yaitu menawarkan iklan dari perusahaan tertentu secara agresif dengan cara menginfeksi komputer, tablet, atau telepon seluler pintar. Botnet ini bisa mengganti iklan banner resmi di sebuah situs dengan banner lainnya yang diinginkan si pengirim botnet. Akibatnya, muncullah iklan pop-up di layar komputer atau gadget target.

:: Spyware
Botnet semacam ini dirancang untuk mencuri informasi mengenai individu ataupun organisasi tertentu secara diam-diam. Bergantung pada programnya, peranti lunak ini bisa mengumpulkan informasi berupa password, kebiasaan berselancar di Internet, hingga mencuri personal identification number (PIN) kartu kredit. Ada juga yang dirancang untuk mengubah setting dari komputer sehingga membuatnya menjadi lamban saat mengakses Internet.


 http://www.rnw.nl/data/files/spambot_web.jpg












references by  http://adf.ly/MwBkb

 
Like us on Facebook