April 25, 2013

Kostumisasi Taskbar Windows 7 dan Windows 8 Menggunakan 7+ Taskbar Tweaker

Kustomisasi software adalah kegiatan penambahan atau modifikasi terhadap modul, menu, fungsi, laporan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan software. modifikasi taskbar atau melakukan kostumisasi pada taskbar akan mempengaruhi tingkat kecepatan sistem operasi Windows Anda .

Dalam sebuah istilah komputasi, taskbar adalah sebuah bar/garis yang menampilkan berbagai jenis fungsi penuh GUI desktop yang digunakan untuk memulai serta memantau aplikasi yang sedang berjalan di sistem. Microsoft sendiri mulai memperkenalkan taskbar pertamanya pada sistem operasi Windows 95 dan telah banyak digunakan serta menjadi aspek yang menentukan antarmuka  para pengguna sistem operasi Microsoft Windows sejak itu. Sistem operasi lain yang menggunakan desktop environments  juga telah mengadopsi fitur taskbar ini sejak awal diperkenalkan.  Pada saat Windows 8 mulai diperkenalkan fungsi taskbar sudah melalui modifikasi taskbar oleh Microsoft, yaitu dengan diperkenalkannya Windows Charm Bar dan juga Windows Start Screen yang mulai menggantikan fungsi taskbar.

Bagi kalian yang bosan dengan tampilan yang biasa-biasa saja dan juga ingin merubah berbagai jenis pengaturan ataupun modifikasi taskbar maka pada kali ini Paseban akan coba mengulas cara melakukan kostumisasi dengan mudah menggunakan 7+ Taskbar Tweaker.  Aplikasi 7+ Taskbar Tweaker adalah sebuah aplikasi yang akan menawarkan Anda kebebasan untuk melakukan berbagai macam kostumisiasi pada taskbar sistem operasi Windows 7 dan juga Windows 8 milik Anda yang biasanya Anda menggunakan metode manual dalam meengubah fungsi-fungsi pada Windows 7 maupun versi Windows lainnya melalui registri.

Berikut ini adalah tampilan dari aplikasi 7+ Taskbar Tweaker, dimana Anda dapat melakukan konfigurasi ataupun memodifikasi kinerja taskbar sistem operasi Windows 7 maupun Windows 8 dengan mudah. Klik link berikut http://postimg.org/image/613zu4htl/ untuk dapat dengan mudah melihat tampilan menu dari aplikasi 7+ Taskbar Tweaker

Dari tampilan gambar dapat terlihat bahwa tampilan aplikasi ini terbagi menjadi 3 bagian tab, dimana pada setiap tab memiliki fungsi yang berbeda, berikut ini adalah penjelasannya:

Fitur ini dapat Anda pergunakan untuk melakukan pengaturan terhadap berbagai jenis pilihan seperti pengaturan klik kanan maupun klik kiri, hovering, dropping, dan masih banyak lainnya
  • Grouping and combining: Fitur menu ini berguna untuk dapat mengatur proses disable grouping, mengijinkan untuk melakukan drag windows antara groups, force/disable combining, dan lainnya
  • Other taskbar options: Anda dapat melakukan pengaturan kecepatan scroll/mouse wheel options, pengaturan double/middle klik pada tempat kosong (empty space) pada taskbar, da pengaturan lainnya.
     
  • Taskbar Inspector: Fungsi menu ini mengijinkan Anda untuk:
  • Melakukan pengaturan labeling/grouping/combining pada masing-masing Application ID.
  • Mengatur kembali item-item yang ada pada tab group seperti saat melakukan proses ‘drag’ maupun ‘drop’ menggunakan mouse.
  • Melakukan pengaturan Close/minimize/dan lainnya dalam. Multiple windows dengan sekali klik.
  • Merubah Application ID dari Windows seperti proses grouping sesuai dengan keinginan Anda.
  • Melakukanpengaturan untuk dapat membuka aplikasi tweaker dari main window, ataupun dari tray menu, maupun melakukannya dengan double/middle klik pada area yang kosong pada taskbar.

Spesifikasi kebutuhan minimum dari aplikasi 7+ Taskbar Tweaker,
•    Sistem operasi: Windows 7/Windows 8 32-bit maupun 64-bit
•    Ukuran filenya cukup kecil jadi tidak akan menghabiskan memori RAM Anda

Anda dapat melakukan download dari aplikasi 7+ Taskbar Tweaker pada link berikut ini (portable installation):
http://rammichael.com/downloads/7tt_setup.exe  (941.6 kB)


 Berikut ini adalah berbagai  perbaikan bugs dari aplikasi 7+ Taskbar Tweaker saat Paseban mengulas nya:
•Fixed a serious bug that could lead to an explorer crash when Taskbar Inspector is open.

•Turkish translation update.

•Fix: apply correct width when showing seconds on the tray clock. Mostly affects users of classic theme with small icons preference.

•Registry option: fix clock width, which is wider than it should be, when using small icons

•New option: Display seconds on the tray clock.

•New option: Don’t show jump list when dragging a taskbar item towards the desktop.

•By default, when you drag a taskbar item towards the desktop, the jump list appears. This option disables it.

•Simplified Chinese translation of the help file.

•Better injection method.


Untuk perubahan serta perbaikan bugs lainnya Anda dapat melihatnya pada link berikut ini http://rammichael.com/downloads/7tt_setup.exe?changelog

Silahkan mencoba untuk melakukan modifikasi taskbar/kostumisasi taskbar sesuai dengan keinginan Anda, agar kinerja lebih efektif dan juga lebih simpel.

Buat yang pingin ganti tema taskbar di Windows 7 silahkan cek disini
10507276.blog.unikom.ac.id/download-10-best.2fr










 
Like us on Facebook