April 19, 2013

Manfaat dan Kegunaan Olahraga Pagi Hari

Rasa kantuk memang sering jadi alasan setiap orang untuk enggan melakukan aktivitas olahraga di pagi hari.

Padahal, tanpa disadari, olahraga yang dilakukan di pagi hari banyak mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja ?

http://bhls.files.wordpress.com/2011/03/morning_words2.jpg

 


Sehatkan jantung

Salah satu alasan untuk berlari di atas treadmill adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Nah, olahraga di pagi buta benar-benar dapat meningkatkan dampak olahraga pada jantung.

Pasalnya ?Salah satu cara alami tubuh untuk membuat Anda bangun adalah dengan meningkatkan kadar hormon seperti adrenalin, yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Ini berarti Anda dapat beberapa manfaat tambahan untuk kardiovaskular ketika berolahraga di pagi hari.

Tapi jika Anda memiliki masalah jantung, bicaralah dulu dengan dokter Anda tentang olahraga di pagi hari, karena penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas jantung ekstra dapat menyebabkan nyeri dada dan bahkan serangan jantung untuk orang dengan masalah mendasar.

Membakar lebih banyak kalori

Berolah raga dapat membakar kalori dalam tubuh, namun jika dilakukan di pagi hari, akan lebih banyak lagi kalori yang dipangkas.

Energi manusia lebih banyak diproduksi di pagi hari dibandingkan saat siang atau malam hari. Maka, manfaatkan energi berlebih yang Anda miliki di pagi hari untuk berolah raga dan membakar kalori.

Membantu metabolisme tubuh

Berolahraga dapat memompa metabolisme tubuh dan menambah pasokan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Maksimalkan kegiatan olahraga yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda, seperti angkat beban dengan dumbbell.

Dengan begini, otot-otot di tubuh Anda akan bergerak secara aktif dan stok energi pun akan bertambah.

Tidur lebih nyenyak

Olahraga di pagi hari membantu menjaga produksi hormon thyroid dan mengatur kestabilan ritme jam biologis Anda. Jika jam biologis Anda stabil, ritme kinerja tubuh pun akan tetap harmonis.

Jika Anda menjadikan kegiatan olah raga di pagi hari sebagai kebiasaan rutin, Anda juga dapat bangun lebih pagi karena ‘setting’ jam biologis Anda telah mengatur kapan Anda harus bangun dan kapan harus tidur pulas.

Menghasilkan energi lebih banyak

Olahraga melepaskan senyawa yang membuat Anda merasa nyaman dan senang, seperti endorfin yang meningkatkan mood dan tingkat energi, efek yang bisa bertahan hingga sore hari jika Anda berolahraga di pagi buta. Plus, berolahraga di pagi hari dapat membantu Anda tidur lebih baik dibandingkan jika berolahraga di malam hari.

Membantu kesehatan mental

Tubuh yang sehat adalah pikiran yang rileks dan nyaman. Ketika kita berolahraga di pagi hari, paru-paru kita dipompa dengan udara yang segar dan bersih.

Lebih banyak oksigen dalam darah kita merangsang otak yang membantu untuk meningkatkan kesehatan mental, menyegarkan pikiran dan tubuh, serta meningkatkan tingkat kebugaran fisik kita.
Pada umumnya, orang yang tidak efektif lebih rentan menderita depresi dan rendah diri.

Mengurangi nafsu makan

Orang yang terbiasa latihan pada pagi hari diyakini lebih mampu menjaga nafsu makan sepanjang hari. Mereka cenderung lebih jarang ngemil atau ngidam makanan tertentu.

Dan, mereka bukan hanya makan lebih sedikit (karena aktivitas fisik menyebabkan pelepasan endorfin, yang bisa mengurangi nafsu makan), tetapi juga memilih menu yang lebih sehat.

Mood jadi lebih baik

Olahraga pagi memberikan Anda energi untuk sepanjang hari. Dengan mencapai kondisi fisik yang baik, seperti tubuh terasa lebih bugar dan ringan, Anda juga akan merasakan mood yang lebih baik.










refrences by http://adf.ly/NGcLc

 
Like us on Facebook