April 10, 2013

Pengguna Facebook Di Indonesia Terbesar Ke Empat Di Dunia

Indonesia berada di urutan empat pengguna facebook di dunia setelah Amerika Serikat, Brasil, dan India. Data ini sebagaimana dikeluarkan Socialbakers 2013, yang menyebutkan jagad dunia maya masyarakat Indonesia termasuk salah satu sumber penetrasi terbesar.

 http://siliconangle.com/files/2011/10/facebook-ipad-2-300x231.jpg

Hal itu disampaikan M Sya’roni Rofi’i, lulusan magister pada Ilmu Hubungan Internasional Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang kini tengah menempuh studi doktoral (S-3) di jurusan Ilmu Politik dan Hubungan Internasional Marmara University, Istanbul, Turki.

Fakta besarnya penetrasi publik Indonesia di jagad maya ini dipaparkannya dalam International Communication Student Congress (ISCSC) 2013 bertajuk ‘’Media, Youth and Their Future’’ akhir Maret lalu.
‘’ISCSC 2013 yang diselenggarakan oleh Maltepe University Istanbul di Marma Hotel Istanbul, dihadiri mahasiswa dari berbagai negara, seperti Turki, Jerman, Italia, Spanyol, Hungaria, Pakistan, Brasil, Lithuania, Indonesia,’’ katanya dalam siaran pers yang dikirimkan ke Suaramerdeka.com, Selasa (9/4) pagi ini.

M Sya’roni Rofi’i menyampaikan, proses seleksi forum mahasiswa internasional ini berlangsung beberapa bulan sebelum acara berlangsung. ‘’Saya terpilih mewakili Indonesia dengan mengangat tema peran sosial media dalam kehidupan demokrasi di Indonesia dengan judul paper ‘The Role of Social Media in Democracy Life: Indonesia’s Experience’,’’ ujar anggota Majelis Permusyawaratan PPI Istanbul, Turki ini.
Saat pemaparan peserta kongres internasional pun dibuat kaget dengan fakta unik seputar demokrasi di Indonesia. Sebab, Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan India.

‘’Peserta kongres pun terkejut dengan pemaparan saya, bahwa selain masuk empat besar duni pengguna facebook, untuk Twitter, Semiocast mencatat Indonesia berada di urutan lima dunia. Jakarta dan Bandung bahkan masuk 10 besar kota paling ramai di Twitter. Semiocast, pada 2012 juga merilis data yang mengejutkan. Bahwa ibu kota Indonesia, Jakarta, menempati urutan pertama sebagai kota paling rajin berkicau mengalahkan London, Tokyo, New York atau San Francisco sebagai markas Twitter,’’ ungkapnya.

 https://social.ogilvy.com/wp-content/uploads/facebook-update.jpg







references by  http://adf.ly/MgJPu

 
Like us on Facebook