April 8, 2013

Tips Cara Mengatasi Stress atau Depresi

Apapun penyebabnya, depresi tidak bisa ditoleransi keberadaannya. Sebab, penyakit yang menyerang mental ini mempengaruhi berbagai hal dalam hidup Anda, termasuk kesehatan fisik. 


 http://s3.favim.com/mini/47/depression-quotes-sad-unstability-430818.jpg

Depresi/Stress dapat membuat seseorang mudah marah, selalu memiliki mood buruk, hingga mengalami berbagai masalah kesehatan. Hipertensi adalah salah satu efek langsung dari perasaan depresi.
Saat depresi, Anda memerlukan penanganan dengan segera. Dikutip dari Times of India, menenangkan pikiran tidak melulu harus melakukan perjalanan wisata. Anda bisa menurunkan tingkat depresi dengan melakukan berbagai hal berikut ini:
  1. Mengonsumsi makanan yang menimbulkan mood bahagia. Orang depresi biasanya berkurang nafsu makannya. Untuk itu, dia mesti memaksakan diri untuk mengisi perut. Beberapa makanan yang bisa membangkitkan mood baik adalah kacang, hitam, tomat, bayam, kelapa, madu, biji-bijian, hingga buah-buahan. Beberapa makanan tersebut meningkatkan produksi hormon endorfin yang mempengaruhi rasa bahagia.
  2. Berhenti merokok. Nikotin pada rokok menyetimulasi pelepasan neurotransmiter di otak. Efeknya, otak menjadi kecanduan dan tidak bisa lepas dari zat kimia ini. Saat berhenti merokok sekitar 20-30 menit, dapat menimbulkan gejala cemas yang berujung dengan depresi. Perokok mengalami ketagihan untuk menghisap nikotin kembali.
  3. Berolahraga. Saat pikiran penuh tekanan, luangkan waktu satu setengah sampai dua jam untuk berolahraga per minggu. Berolahraga dapat menurunkan depresi dan risiko serangan jantung akibat depresi.
  4. Jauhi makanan sampah (junk food). Makanan yang digoreng, penuh lemak dan garam tersebut meningkatkan kemunculan tanda-tanda depresi. Konsumen loyal junk food juga terindikasi menjadi lebih mudah marah dan agresif.
  5. Tidur lebih awal dan matikan teve. Lebih baik Anda segera tidur malam di awal waktu dan jauhi teve. Cahaya teve hanya akan membuat Anda terjaga. Orang yang kurang tidur lebih mudah mengalami depresi.
  6.  Pergi sejenak untuk jalan-jalan. Rutinitas yang menjemukan bisa Anda akali dengan menikmati suasana di luar kantor atau rumah yang lebih dinamis. Hal tersebut bisa meningkatkan hormon serotonin yang membuat hati tenang.
  7. Berkumpul dengan orang-orang yang selalu berpikir positif. Mereka adalah orang-orang yang mampu mengubah berbagai hal negatif yang dialami sebagai sebuah kekuatan positif untuk selalu maju. Anda perlu belajar dari mereka untuk mengoptimalkan depresi Anda menjadi sebuah kekuatan.
  8. Jauhi selalu berpikir negatif. Kadang depresi muncul karena seseorang mengalami ketakutan berlebihan. Bahkan, saat sesuatu yang buruk belum tentu terjadi, seseorang sudah mengalami paranoid. Anda mesti bisa mengalahkan ketakutan berlebihan seperti ini.
  9. Hindari lagu sedih. Lagu-lagu bertema cengeng hanya akan membuat Anda bertambah sedih dan tertekan.
  10. Jauhi alkohol dan obat-obatan terlarang. Kedua barang haram ini tidak menyelesaikan depresi Anda. Mungkin Anda sejenak akan lupa dengan hal yang membuat depresi. Namun, lebih buruk dari itu, dua barang tersebut juga bisa menyetimulasi Anda berbuat sesuatu yang konyol. Misalnya bunuh diri atau melakukan seks bebas.
  11. Dekatkan diri dan berdoa pada Tuhan agar diberi kekuatan untuk menemukan dan juga menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi


 http://media4.onsugar.com/files/2012/05/21/2/983/9833004/e0f9be9e96832b16_depression_quotes_alone_wonder_sad_inspiration-d7abb47a584fb8176c4a964938d612cd_h_large.xxxlarge_2.jpg












references by http://adf.ly/MXMQC
 images by

 
Like us on Facebook