May 12, 2013

Alasan Para Pengguna Windows dan Microsoft Office Harus Upgrade

winupgrade

Mungkin akan ada yang bertanya kenapa sih kita harus berganti OS dan software begitu dukungan dihentikan? Masalahnya terutama terkait dengan keamanan dan kemampuan adaptasi sistem operasi dan software tersebut terhadap tuntutan zaman. Seperti kita ketahui bersama, membangun sebuah program itu melibatkan konstruksi yang rumit. Dalam susunan konstruksi ini bukan berarti tidak ada kelemahan sistem yang bisa dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk mengambil keuntungan dari kamu sebagai pengguna. Nah, Microsoft memberi dukungan berupa patch alias tambalan untuk memastikan bahwa kebocoran-kebocoran ini diketahui dan diamankan dengan menambalnya.

Masalahnya lagi, bukan berarti penjahat-penjahat cyber yang jumlahnya jutaan itu kembali menemukan celah-celah lain yang bisa dimanfaatkan. Nah, saat Microsoft menghentikan dukungannya, maka berarti tidak ada lagi polisi yang akan berpatroli dan mengamankan celah-celah yang dimanfaatkan penjahat cyber itu. Ini berarti, kamu seperti tinggal di dalam kota yang tidak dijagai. Siapa saja bisa keluar masuk sesuka hati dan mengancam keselamatanmu. Hm, dalam hal ini tentu terkait dengan keselamatan data yang kamu simpan di PC. Jadi, menggunakan software yang punya dukungan adalah penting. Meski seperti banyak orang bilang, penjahat selalu selangkah lebih maju dari polisi. Setidaknya kamu bisa berharap berada di lingkungan yang lebih aman ketimbang tetap menggunakan software dan OS tanpa dukungan.

Terkait soal keamanan ini; Lucky Gani, Business Group Head, Windows Division, Microsoft Indonesia, menyebutkan, “Berdasarkan data dari Security Intelligence Report Volume 14 edisi April 2013, PC yang masih menggunakan Windows XP SP3 2,5 kali lipat lebih rentan daripada PC dengan Windows 7 SP1, atau sekitar 14 kali lebih rentan daripada PC Windows 8.4. Versi Windows terbaru juga menawarkan fitur keamanan lebih baik seperti Windows Defender, Early Launch Anti-Malware, dan SmartScreen Filter. Fitur-fitur ini membantu pengguna mengamankan informasi mereka serta melindungi PC dari risiko yang dapat membahayakan kegiatan bisnis.”


Selain terkait soal keamanan sistem, perlunya memperbarui perangkat lunak adalah perlunya kemampuan  kerja yang lebih baik, kompatibilitas perangkat lunak, kemampuan menjajal tren yang ada saat ini, yang disediakan oleh perangkat lunak yang lebih baru, seperti disebutkan Amalia Fahmi, Director Small Medium Solutions & Partner, Microsoft Indonesia.”Melalui upaya ini, kami ingin mengajak UKM beralih dari teknologi Windows XP dan Office 2003 yang sudah usang, untuk meraih produktivitas lebih tinggi, keamanan sistem lebih baik, serta manfaat dari layanan komputasi awan yang efisien biaya,” tutur Amalia.

Selain itu, Nadia Steere, Direktur Intel Software & Services Group, Microsoft Marketing Alliance, juga menyebutkan bahwa ketika bermigrasi dari XP ke Windows 8, selain menambah keamanan, pengguna juga bisa memudahkan pengelolaan, kinerja, daya tahan baterai serta biaya kepemilikan yang lebih baik. Nah, kalau terkait dengan kemampuan sistem operasi dan perangkat lunak berakselerasi dengan zaman,  Michael Barnes – Vice President & Research Director, Forrester Research, berkomentar bahwa teknologi tidak lagi sekadar digunakan. Sebab, industri terus berkembang dan banyak sekali kemajuan yang telah dicapai. Oleh karena itu, kalangan usaha perlu memastikan bahwa mereka menggunakan platform yang dapat mendukung bisnis dan memenuhi kebutuhan bisnis mereka pada masa mendatang.














refrerences by http://adf.ly/Ou0sA
 

 
Like us on Facebook