May 4, 2013

Alasan Wanita Hamil Jangan Konsumsi Teh Berlebihan

Seorang wanita yang terbiasa minum teh hijau, sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan tersebut bila ia sedang hamil. Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa beberapa kandungan zat dalam teh hijau ternyata berpengaruh tak sehat untuk janin dan kandungan sang ibu.



Dilansir oleh Boldsky, walau saat kondisi normal teh hijau baik dikonsumsi sebab antioksidannya tinggi, namun bagi wanita hamil sebaiknya tidak banyak meminumnya.

Berikut alasan-alasannya:
  • Kafein. Jumlah kafein yang ada dalam teh hijau lumayan tinggi. Sebaiknya ibu hamil mengurangi konsumsi kafein, sebab tak begitu baik untuk janinnya.
  • Mengurangi kadar folat. Teh hijau ternyata bisa mempengaruhi jumlah asam folat pada tubuh wanita hamil. Ini berbahaya, sebab asam folat diperlukan untuk pertumbuhan bayi, mencegahnya dari beberapa jenis cacat.
  • Penyerapan zat besi terganggu. Ternyata konsumsi teh hijau dapat membuat penyerapan zat besi dalam tubuh menjadi terganggu. Akibatnya ibu hamil bisa mengalami anemia.
  • Berat lahir kurang. Resiko janin lahir dengan berat badan kurang dapat terjadi, sebab teh hijau mengandung kafein.
  • Dehidrasi. Minum teh hijau secara berlebih menyebabkan Anda sering BAK sebab memiliki efek diuretik. Ini bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.
  • Keguguran. Dalam jumlah berlebih, kafein dapat masuk melalui placenta dan menyebabkan keguguran. Ini memang jarang terjadi, namun sebaiknya Anda hindari.






references by  http://adf.ly/ONRad

 
Like us on Facebook