May 12, 2013

Aplikasi Android Ini Memata-Matai Penggunanya

Toko aplikasi Android, Google Play, kembali menghadapi isu keamanan. Terkini, peneliti keamanan dari Webroot menemukan dua aplikasi huruf Android berbahaya di Google Play.

 

Dilansir dari Softpedia, Minggu (12/5/2013), kedua aplikasi itu ternyata tidak hanya memasang huruf tambahan, tapi juga software mata-mata. Aplikasi itu ialah Free Galaxy Classic Font dan Galaxy Font, yang memungkinkan pengguna mamasang huruf tambahan pada smartphone Android.

Selain memasang huruf, ternyata kedua aplikasi juga memasang aplikasi mata-mata Android yang disebut iKno. Aplikasi ini memantau SMS, panggilan telefon, dan lokasi perangkat, lalu mengirimkan informasi itu ke sebuah website.

Beruntung Google segera bertindak cepat begitu mengetahui ada aplikasi berbahaya yang mengancam data pengguna. Kedua aplikasi dan akun developer aplikasi itu telah dihapus dari Google Play.

Mengingat software mata-mata kerap dibundel dengan aplikasi lain, para ahli keamanan merekomendasikan pengguna Android untuk memasang solusi keamanan mobile pada perangkat mereka. Selain itu, pengguna juga disarankan untuk tidak memasang aplikasi yang meminta izin berlebihan dan tidak seharusnya.





references by  http://adf.ly/Ou31X

 
Like us on Facebook