May 11, 2013

Jenis-Jenis Susu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Minuman yang kaya akan vitamin dan mineral sangat dibutuhkan tubuh. Nah, salah satu minuman yang diyakini memiliki banyak kandungan penting adalah susu.



 



 
Mayoritas orang mengenal susu hanya sebagai sumber kalsium yang dianggap hanya dibutuhkan anak kecil. Padahal nutrisi yang dikandung susu lebih dari sekadar kalsium dan dibutuhkan oleh segala usia.

Berikut 5 jenis susu beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh, seperti dikutip dari Times of India, Sabtu (11/5/2013):

1. Susu Sapi

Jika Anda memiliki masalah kekurangan kalsium, maka Anda dianjurkan untuk minum susu sapi. Susu sapi tidak menggemukkan selama konsumsinya dikombinasikan dengan pola makan yang sehat.

Susu sapi banyak mengandung mineral dan vitamin seperti vitamin D, protein, vitamin B, potasium, yodium dan merupakan pengganti yang baik untuk asam lemak omega 3.

2. Susu Kambing

Susu kambing mungkin belum sepopuler susu sapi, namun susu jenis ini baik dikonsumsi jika seseorang kekurangan zat besi. Menurut peneliti, susu kambing membantu mencegah pelunakan tulang dan anemia. Susu ini juga membantu pencernaan dan membantu proses metabolisme mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor dan magnesium.

3. Susu Kelapa alias Santan

Santan atau coconut milk merupakan bahan yang lebih sering digunakan dalam masakan, khususnya masakan kari dan soto. Kelapa mengandung vitamin, mineral, dan serat yang mencegah penyakit seperti batu kandung empedu, penyakit hati, peradangan dan penyakit kulit.

Jika Anda kekurangan protein, santan merupakan sumber yang baik. Santan juga mengandung zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, E, B1, B3, B5 dan B6. Selain itu, santan juga meningkatkan sistem imun, membantu penurunan berat badan dan sangat baik bagi sistem pencernaan.

4. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah pengganti yang umum bagi mereka yang alergi susu sapi dan vegetarian. Susu kedelai mengandung asam lemak, protein, serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kinerja tubuh. Anda dapat mengandalkan susu kedelai untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan membantu dalam penurunan berat badan.

Asam lemak omega 3 dan 6 dalam susu kedelai juga diyakini dapat memperkuat pembuluh darah, mencegah kanker prostat, osteoporosis dan sindrom menopause.

5. Susu Almond

Almond merupakan camilan sehat yang mampu memberi efek kenyang lebih lama. Sama seperti santan dan susu kedelai, susu almond juga merupakan alternatif yang baik untuk vegetarian. Susu almond pun merupakan sumber protein yang baik, tetapi rendah kalori.

Selain itu, susu ini mengandung vitamin E, magnesium, lemak tak jenuh, mangan, tembaga, dan ribloflavin. Konsumsi susu almond mampu meningkatkan energi dan penyakit jantung.








references bt detik

 
Like us on Facebook