May 11, 2013

Ternyata Bayi Mulai Belajar Mengenal Bahasa Sejak Dalam Kandungan

Menguasai bahasa asing saat berusia dewasa relatif sulit. Kadang-kadang kita dibuat frustasi saat belajar bahasa asing, terlebih lagi dengan aksen lokal yang khas. Idealnya, belajar bahasa asing lebih mudah dilakukan ketika masih berusia muda.



 
Pernyataan itu masuk akal. Tim peneliti dari Swedia dan Amerika Serikat menemukan, bahwa ternyata bayi sudah belajar bahasa ibunya ketika masih di dalam kandungan, seperti dilansir BBC, 11 Mei 2013.

Menurut hasil penelitian terbaru itu, ketika bayi dilahirkan ia sudah memiliki kemampuan untuk mengenali suara dan pola bahasa ibunya.

"Selama 10 minggu terakhir sebelum lahir, bayi sudah mendengar pembicaraan dan mulai mengingat serta belajar bahasa," kata Patricia Kuhl, Direktur Learning and Brain Sciences di Washington University Institute.

Menurut studi terdahulu, bayi baru bisa mengenali suara dan melodi vokal ibunya seminggu sebulumnya. Namun, tim peneliti dari Swedia dan AS telah memperbarui studi itu, dan mengatakan bahwa bayi sudah mempelajari bahasa berminggu-minggu sebelum dilahirkan.

Tim peneliti melakukan uji coba kepada 40 bayi dalam waktu 30 jam. Bayi laki-laki dan perempuan yang berasal dari ibu asal Swedia dan AS, diperdengarkan suara dalam bahasa Swedia dan Inggris.

"Bayi-bayi asal AS mulai menghisap dot-nya secara lebih serius ketika diperdengarkan suara vokal Swedia, begitu juga sebaliknya. Ini menunjukkan bayi memiliki rasa ingin tahu yang tinggi saat mendengar bahasa asing," kata Kuhl.

Dia menambahkan, bayi memiliki reaksi berbeda terhadap bahasa ibunya dan bahasa asing. Pada dasarnya, mereka sudah bisa mendengar adanya perbedaan bahasa.

Para peneliti menganjurkan agar para orang tua agar tidak memaksa bayi belajar suatu bahasa selain bahasa orang tuanya. Hal itu dapat mengganggu kemampuan alami bayi saat belajar melalui pendengarannya.

Dan, merujuk pada penelitian ini, para ibu yang sedang mengandung sebaiknya berhati-hati dalam berbahasa, karena bayi di dalam kandungan terus menyerap apa yang diucapkan ibundanya.

 
Like us on Facebook