May 24, 2013

Tips Cara Menimbang Berat Badan Yang Benar

Kadang-kadang, berat badan kita sering terlihat naik turun dalam semalam. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ternyata, perubahan berat badan termasuk normal karena merupakan bagian dari kondisi ketidaktetapan berat tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh penambahan berat air di dalam tubuh, yang dipicu oleh makanan, minuman, buang air kecil, aktivitas gerakan usus, dan olahraga.



Meskipun berat badan Anda cenderung naik turun, Anda tetap dapat rutin menimbang badan untuk melacak dan mengontrol berat badan yang ideal. Jika hanya ingin turun beberapa kilogram, coba timbang berat badan Anda setiap hari. Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan cukup banyak, tak usah menimbang setiap hari. Agar tidak stres dengan target berat badan yang ingin dicapai, timbang saja berat badan seminggu sekali. Sementara itu, tetaplah menjaga asupan makanan.

Sesering apa pun Anda menimbang badan tetaplah konsisten dengan caranya. Menurut Anita Petruzzelli, MD, dokter untuk BodyLogicMD, sebaiknya Anda menimbang badan pada pagi hari sesudah buang air besar. Bukalah pakaian Anda saat menimbang badan dan gunakan timbangan yang sama setiap hari.

Cara Anda berpakaian juga bisa menentukan penambahan berat badan, lho. Menurut Petruzzelli, kalau pakaian Anda pas di badan atau terlalu longgar tetapi timbangan menunjukkan bahwa berat badan Anda bertambah, bisa saja yang bertambah adalah berat otot pada tubuh Anda.

Gunakan metode lain sebagai pengukuran, khususnya jika target penurunan berat badan Anda lebih dari 2 kilogram. Sebab, tidak semua perubahan positif dapat direkam oleh timbangan. Secara rutin, ukur juga komposisi tubuh Anda untuk menentukan kadar lemak pada tubuh Anda, juga kandungan air dan otot Anda.









references by http://adf.ly/PTwj5

 
Like us on Facebook