July 7, 2013

Inilah Daftar Gaji CEO Terbesar Di Seluruh Dunia

Menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) di perusahaan ternama tentu saja menjanjikan pendapatan yang menggiurkan. Namun di tangannya pula, terdapat tanggungjawab bagaimana membesarkan perusahaan yang ia pimpin. Perusahaan ini bukan hanya mesin uang bagi pemilik namun juga kantong pribadinya dari kompensasi gaji, bonus dan saham. 



Ingin tahu siapa-siapa saja CEO berpenghasilan terbesar di dunia? 


1. Lawrence Joseph Ellison, 68 tahun
Apa rasanya memperoleh bonus yang lebih besar dari gaji? Tanyakanlah pada Lawrence Joseph Ellison. Ia memiliki gaji sebesar US$ 1 dan bonus US$ 3,9 juta serta eksekusi saham opsi US$ 31,7 juta.
Ia adalah pendiri sekaligus CEO Oracle, perusahaan perangkat lunak yang salah satu proyeknya adalah gudang data untuk CIA. 

2. Howard Mark Schultz, 59 tahun
Bergelas-gelas kopi yang diteguk oleh penggemar kopi Starbucks memberi andil bagi kesuksesan CEO  Howard Schultz. Ia mendapatkan bonus US$ 2,3 miliar yang didapatkannya dari opsi saham dan US$ 10 juta dari saham vested. Gaji mantan pemilik Seattle Supersonic ini bahkan mungkin hanya sambil lalu baginya, hanya sebesar US$ 1,5 juta. Lulusan Northem Michigan University ini pada tahun 2012 menjadi orang terkaya ke 354 di Amerika Serikat versi Forbes. 

3. Frederick Wallace Smith, usia 68 tahun
Meski beda anatara gaji dan bonus sangat tipis, yaitu sekitar US$ 1,2 juta dan bonus US$ 1,3 juta, namun Frederick Smith CEO perusahaan logistik, FedEx juga menerima insentif senilai US$ 5,2 juta dalam jangka panjang terkait kinerja perusahaan, serta opsi saham mencapai US$ 13,2 juta. Perusahaan FedEx didirikannya merupakan perusahaan logistik terbesar di Amerika bahkan di dunia. Federal Express, demikian orang mengenalnya berkantor pusat di Memphis, Tennessee.

4. Rupert Murdoch, 82 tahun
Pemilik News Corporation, salah satu perusahaan media terbesar dan paling berpengaruh di dunia, Rupert Murdoch mampu mengombinasikan antara gaji, bonus dan saham vested dengan masing-masing senilai US$ 8,1 juta, US$ 10,4 juta dan US$ 4,1 juta. Pemilik jaringan media, Rupert Murdoch mengkombinasikan antara gaji, bonus dan saham vested dengan masing-masing senilai US$ 8,1 juta, US$ 10,4 juta dan US$ 4,1 juta.  Ia adalah pemilik Fox dan HarperCollins di Amerika Serikat dan BSkyB di Britania Raya. Ia berkebangsaan Australia dan kemudian berpindah menjadi warga negara Amerika. 

5. Henry R. Kravis, usia 69 tahun
Pendiri Kohlberg Kravis Roberts & Co ini hanya mengantongi gaji US$ 300 ribu. Ia masuk dalam daftar CEO terkaya sebab mayoritas pendapatan berasal dari bunga dan bagian keuntungan saham yang telah disepakati perusahaan sebesar US$ 34,7 juta.
CEO perusahaan sekuritas ini pada tahun 2012 dinobatkan sebagai orang terkaya ke-88 di Amerika dan 281 terkaya di dunia. 

6. Ralph Lauren, usia 73 tahun
Lahir dengan nama Ralph Lifshitz dari keturunan pelukis Polandia. Ia menggaji dirinya sendiri melalui pekerjaannya sebagai perancang fesyen kelas dunia sebesar US$ 1,2 juta dan bonus US$ 19,5 juta. Selain itu, dia melakukan eksekusi atas opsi saham senilai US$ 5,2 juta dan menerima US$ 12,4 juta saham vested. Ia memiliki merk fesyen sendiri yang dikenal dengan Polo Ralph Lauren, ia masuk dalam daftar orang terkaya ke 162 di dunia pada tahun 2012 versi Forbes.











references by http://adf.ly/RcUXD
images by http://tomfishburne.com

 
Like us on Facebook