July 21, 2013

Khasiat Kurma Bagi Ibu Hamil

Kurma (Phoenix dactylifera) banyak kita temukan selama bulan puasa ini. Ternyata, buah ini mengandung banyak manfaat bagi ibu hamil, lho.



 Di antaranya:

Mengecilkan rahim. Di dalam kurma terdapat semacam hormon (potuchsin) yang berkhasiat mengecilkan pembuluh darah dalam rahim sehingga bisa membantu mengecilkan rahim usai persalinan sekaligus mencegah perdarahan rahim.

Memperlancar produksi ASI. Kandungan zat besi dan kalsium yang terdapat dalam kurma adalah pembentuk ASI yang sangat baik. Karenanya ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi kurma supaya produksi ASI-nya lancar.

Memulihkan tenaga setelah proses persalinan. Di dalam sebutir kurma terdapat protein 1,8-2 persen, serat 2-4 persen, glukosa 50-57 persen. Buah ini sangat bermanfaat dikonsumsi usai proses persalinan karena bisa mengembalikan tenaga ibu dalam waktu singkat. Kandungan gula yang terdapat dalam kurma adalah jenis glukosa yang mudah diserap tubuh sehingga aman untuk penderita diabetes.

Melancarkan BAB. Setelah persalinan normal, ibu disarankan tidak mengedan saat BAB supaya jahitannya tidak robek. Untuk itu kandungan vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, kalium dan serat dalam jumlah yang dapat andal dalam kurma, membantu mempermudah BAB.






references by kompas

 
Like us on Facebook