August 13, 2013

Cara dan Tips Agar Anak Mau Makan Sayuran

Banyak orang tua yang pusing dengan kebiasaan anak-anak yang tidak mau memakan sayuran. Makanan cepat saji, ayam, ikan, telur dan makanan dengan rasa enak lainnya lebih mereka pilih. Sementara sayuran yang terasa agak pahit dan hambar sering ditinggalkan.
Padahal, sayur mayur adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan anak. Meskipun ada banyak vitamin tambahan dengan ekstra sayur, sayur alami yang dimasak sendiri jauh lebih baik.
Jika anak Anda masih susah makan sayur, gunakan tips di bawah ini, dilansir galtime.com.

1. Buat Bentuk Menarik
(c) webmd.com
Buatlah sayur menjadi hidangan sekreatif mungkin. Anda bisa membuat nugget sayur, membuatnya jadi sayur dengan warna-warni cantik atau membuat bentuk kreatif seperti di bawah ini. Sehingga anak-anak tertarik untuk menghabiskan semuanya.

2. Rebus Wortel


Wortel adalah sumber vitamin A dan beta karoten yang baik. Sayangnya, tekstur wortel keras dan sulit dikunyah. Karena itu, rebus terlebih dahulu wortel dan pastikan sudah cukup lunak untuk anak-anak. Anda juga bisa membuat wortel tampil lebih cantik dengan memotongnya mirip dengan bunga seperti gambar di atas.
3. Bernyanyilah Tentang Sayuran
Anda bisa membuat lagu sendiri yang bercerita apa fungsi sayur yang sedang dihidangkan. Menyanyi membuat anak lebih senang dan menganggap makan seperti bermain. Dengan bernyanyi, anak-anak akan belajar tentang manfaat sayur. Atau buatlah seolah-olah sayur yang akan mereka makan bisa bicara, dan ceritakan manfaat apa yang bisa dilakukan sayur tersebut untuk menjaga kesehatan buah hati.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat. ada yg mau menambahkan ?
tinggalkan di kolom komentar.. :)









references by http://adf.ly/TswJt

 
Like us on Facebook