August 3, 2013

Penentuan Idul Fitri 1434 H 2013 Akan Digelar Hari Rabu 7 Agustus 2013

Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H, Rabu 7 Agustus mendatang, di ruang Auditorium Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta.



 
"Untuk penentuan tanggal 1 Syawal harus melalui proses sidang isbat yang akan dilaksanakan pada 7 Agustus pukul 13.30 WIB, yang semula pukul 17.00 WIB, pukul 13.30 WIB itu praisbat, isbatnya setelah Mahgrib, pra isbatnya dimajukan menjadi pukul 13.30 WIB," kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jumat (2/8/2013).

Alasan pemerintah memajukan sidang isbat pada siang hari, karena sidang isbat bakal menjadi perhatian masyarakat luas. “Kemudian muncul berbagai macam pertanyaan mengapa awal Ramadan dan awal Syawal dilakukan sidang isbat? Bukankah tanggal 1 itu sudah diketahui bukan hanya untuk tahun ini, tetapi untuk seratus tahun ke depan," ungkapnya.

Mengenai pertanyaan-pertanyaan yang muncul di masyarakat seputar korelasi ilmu hisab dengan astronomi, termasuk ilmu rukyah juga bisa sejalan dengan hisab dan astronomi, Menag mengaku akan membahasnya saat sidang isbat.

"Nah ini kita akan bahas, di samping nanti kita akan meminta dari negara sahabat untuk menyampaikan pengalaman di negara mereka bagaimana cara menetapkan awal bulan di negara masing masing," terang dia






references by  http://adf.ly/TJmrr

 
Like us on Facebook