September 2, 2013

Facebook Sedang Uji Coba Fitur Baru "Trending Topics"

Dua bulan setelah fitur hashtag dirilis, FB kini coba-coba cara baru guna membuat fitur tersebut kian menarik. Dikutip dari The Wall Street Journal, Facebook tengah menjajal fitur trending topic yang seperti dimiliki Twitter. Seperti apa?

 http://readwrite.com/files/styles/300_190sc/public/fields/Facebook_forIpad.jpg


Fitur ini nongol di laman utama Beranda (News Feed) di sebelah pojok kanan atas. Model tampilannya hampir serupa dengan yang dimiliki Twitter dengan trend box lengkap beserta hashtag dan topik terkait yang sedang tren.

Jubir Facebook berujar jika memang FB sedang mengujicoba fitur itu hanya di segelintir pengguna. Fitur ini pun masih dalam tahap pengembangan dan hanya untuk beberapa pengguna di wilayah AS. Tak ada keterangan lebih lajut soal perilisan fitur ini secara global.

http://cdn2.ubergizmo.com/wp-content/uploads/2013/09/facebook-trending-topics.jpg 
(Tampilan Desktop)
 

http://static.trustedreviews.com/94/000028827/bfa2/Facebook-Trends.jpg
(Tampilan Mobile)


Tes itu sendiri dilakukan pada Kamis pekan lalu. Analis memerkirakan jika fitur ini akan jadi medan pertempuran baru antara Twitter dan Facebook khusunya untuk menggaet pihak pengiklan.
Twitter telah tampilkan fitur hashtag dan tren selama bertahun-tahun guna melacak percakapan real-time yang sedang hangat diperbincangkan pengguna. Facebook pun telah mengadopsinya yang disinyalir untuk menggaet pengiklan yang kini lebih menyasar ke iklan mobile dan desktop ketimbang televisi.

Soal fitur dan tampilan, tak ada bedanya dengan apa yang dipunyai Twitter. Tatkala salah satu topik di Trending Topic FB diklik, maka Facebook akan hantarkan ke laman percakapan dimana topik terpilih sedang hangat diperbincangkan pengguna. Ini juga termasuk topik ber-hashtag.











references by http://adf.ly/V0IeI


 
Like us on Facebook