September 17, 2013

Penjelasan Mengenai OEM Pada Windows

OEM atau “Original Equipment Manufacturer” adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk yang datang langsung dari produsen yang membuat komputer/laptop. 

 http://static.freepik.com/free-photo/microsoft-oem-partner-logo_414088.jpg

Hal ini berlaku pada hardware yang dibundel langsung dengan software yang dirancang untuk digunakan pada sistem komputer bersangkutan. Windows OEM melekat untuk satu produk PC sehingga tidak dapat digunakan pada komputer lain.

Versi OEM pada Windows dirancang untuk digunakan oleh produsen PC dan Sistem aplikasi Windows didalamnya untuk dijual kembali. 

Pengguna komputer rumahan, secara teknis tidak diizinkan untuk menginstal Windows versi OEM.

Windows OEM tidak bisa ditransfer ke komputer lain karena terikat motherboard ketika diinstal. 
OEM tidak memiliki kemampuan untuk beralih antara versi Windows 32 bit dan 64 bit karena pada saat pembelian versi telah ditetapkan. Versi OEM tidak mendapat dukungan update penuh dari Microsoft tetapi dukungan produk harus disediakan oleh produsen PC/laptop tersebut. 

Aktivasi tidak diperlukan oleh Microsoft ketika dilakukan oleh pembuat PC/laptop,
tetapi mereka yang menggunakan sistem OEM perlu mengaktifkannya biasanya ditanam pada motherboard/BIOS.


Perusahaan yang memproduksi massal sistem komputer/laptop diijinkan untuk menggunakan versi OEM Windows untuk menginstal Windows ke dalam sistem mereka. Penggunaan kit khusus yang dirancang untuk menyesuaikan instalasi Windows pada sistem dan juga menguji instalasi sebelum mengirim sistem ke ritel harus digunakan. Kit ini dikenal sebagai OPK (OEM Pre-Installation Kit).


http://cdn-static.zdnet.com/i/story/60/34/001514/license-and-media-matrix.png


 

 
Like us on Facebook