October 16, 2013

Gejala Awal Kanker Payudara

Kanker payudara biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk semisal stres berkepanjangan, rokok, alkohol, makanan tak sehat, dan genetika. Jadi bila ada riwayat keluarga seperti ibu atau nenek yang mengalami kanker payudara, Anda juga beresiko mengalaminya.


http://img.iyaa.com/iii/resize/300/file/gayahidup/kesehatan/__icsFiles/afieldfile/2013/02/16/Kwer_C20_s1600_kanker_payudara-7770370528466177540_jpg.png


Namun jangan panik. Selalu ada peluang untuk sembuh dari penyakit ini yaitu dengan sedini mungkin mengobatinya bila telah muncul gejala awal kanker payudara yang terlihat dalam tubuh Anda. Gejala-gejala tersebut adalah:
  1. Berubahnya ukuran dan bentuk payudara
  2. Ada nyeri pada salah satu ketiak, kadang diikuti dengan peradangan.
  3. Berubahnya warna puting payudara
  4. Jika payudara diraba, maka terdapat sebuah benjolan yang tidak terasa sakit.
  5. Kulit payudara menjadi keras dan kasar seperti kulit jeruk
  6. Suhu di area payudara jadi lebih hangat.
Apabila Anda mendapati sebagian besar gejala awal kanker payudara itu ada, maka yang pertama kali harus dilakukan adalah tetap tenang. Ketenangan akan menyebabkan Anda mampu berfikir jernih dan tak menambah tingkat stres dalam tubuh Anda.

Untuk memastikan apa yang sedang terjadi dalam tubuh Anda, maka periksalah ke ahlinya. Jangan lupa mencari second opinion bila Anda masih ragu.

Bila benar itu adalah sebuah gejala awal dari kanker payudara, maka optimislah dengan mengikuti saran pengobatan yang diberikan oleh dokter. Potensi kesembuhan selalu ada, jadi jangan pernah menyerah pada kanker payudara.

 http://medind.nic.in/ibn/t09/i2/IndianJRadiolImaging_2009_19_2_161_48431_f6.jpg





references by http://adf.ly/XcItK

 
Like us on Facebook