MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

October 24, 2013

Kapal Perang Amerika Serikat Akan Menggunakan Linux

Baca Artikel Lainnya

Angkatan Laut Amerika Serikat dikabarkan akan menggunakan sistem operasi Linux untuk mengotaki data center yang terdapat di kapal perang masa depan Amerika Serikat, yakni USS Zumwalt yang diperkirakan akan diluncurkan tahun ini. Linux apa yang akan digunakan? Simak ulasan berikut ini.

USS Zumwalt adalah kapal perang jenis destroyer masa depan Amerika Serikat dengan bobot mencapai lebih dari 14.000 ton. Pengembangan kapal perang USS Zumwalt ini telah dimulai sejak tahun 2008 dan direncanakan akan diluncurkan tahun 2013 ini, serta mulai bertugas pada 2015 mendatang.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/06/USS_Zumwalt_(DDG-1000)_Design.jpg

Destroyer USS Zumwalt DDG-1000 ini hukan kapal perang sembarangan karena didalamnya terdapat sistem komputerisasi yang canggih, lengkap dengan server dan data center di dalamnya. Pihak Angkatan Laut Amerika Serikat sendiri akan memilih Linux sebagai sistem operasinya.

Kapal perang canggih USS Zumwalt ini dilengkapi dengan server blade yang dirancang khusus oleh IBM dan menggunakan sistem operasi Red Hat Linux. Server akan diinstall dalam Electronic Modular Enclosure yang terpasang pada 16 kapal perang, dan masing-masing kapal memiliki data center sendiri-sendiri.

Tak hanya itu, sistem server dan data center ini juga telah dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan server tetap hidup dan bekerja meski terjadi getaran atau guncangan. Server dan data center pada USS Zumwalt ini juga dilengkapi dengan pendingin cair untuk menjaga suhu kerja sistem.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (18/10/2013), semua sistem server dan data center yang ada di kapal perang USS Zumwalt ini saling terhubung menggunakan kabel fiber optik. Sistem ini juga terhubung jaringan internet yang memungkinkan hadirnya WiFi dan layanan VoIP (Voice over Internet Protocol)di kapal tersebut.









references by sidomi

 
Like us on Facebook