October 9, 2013

Tips Disaat Terkena Macet Agar Menyenangkan


Setelah menghabiskan dua hari yang santai di akhir pekan, senin memang sering dimusuhi karena kita harus kembali menghadapi pekerjaan yang menumpuk dan kemacetan yang lebih berat dibanding hari-hari lainnya. 



Tak bisa dipungkiri rasa kesal karena terjebak macet di pagi hari bisa membuat semangat kerja hilang. Dari pada marah-marah di jalan dan menghabiskan energi, lebih baik pergunakan waktu di jalan untuk melakukan berbagai kegiatan positif. Misalnya seperti kegiatan di bawah ini:

1. Membaca
Jika selama ini Anda selalu mengeluh tak punya waktu lagi untuk membaca, mengapa tak memanfaatkan waktu macet untuk meneruskan bacaan favorit Anda. Apalagi kini berbagai jenis novel dan buku sudah bisa diunduh di ponsel atau tablet. 

Untuk menumbuhkan semangat, ada baiknya membaca buku-buku rohani atau buku motivasi. Buku-buku ini akan membantu Anda untuk selalu bersyukur dengan setiap keadaan yang Anda alami tiap hari.

2. Latih persiapan pekerjaan Anda
Jika Anda jeli, macet bisa digunakan untuk memperpanjang waktu latihan presentasi atau mempelajari tugas kantor yang penting. Anda bisa melatih juga bahasa tubuh serta naskah yang memang harus dihafal. 

Penulis buku, Malcom Gladwell berpendapat bahwa Anda membutuhkan waktu 10.000 jam atau sekitar empat jam per hari selama sepuluh tahun untuk menjadi ahli di bidangnya.Jika Anda cukup sibuk dan tak punya waktu lebih untuk memperdalam waktu belajar Anda, maka gunakan waktu perjalanan ke kantor ini untuk belajar.

3. Belajar bahasa baru
Bantu otak Anda untuk tetap berkembang dan tajam, salah satunya dengan belajar bahasa baru. Kalau tak ingin membaca bukunya, Anda bisa mengunduh program belajar bahasa melalui audio di perangkat pintar Anda. Mendengarkan bahasa baru lewat audio akan lebih efektif karena melalui audio ini bisa diulang-ulang agar lebih fasih.

4. Menyortir email
Tak salah kalau smartphone Anda digunakan untuk main game selama perjalanan. Namun Anda bisa menggunakannya untuk hal yang lebih bermanfaat lagi, misalnya menyortir email yang masuk atau menjawab email-email yang membutuhkan respon segera. 

Dengan ini, Anda bisa mengurangi tumpukan pekerjaan yang ada. Sehingga di rumah nanti, Anda bisa langsung mematikan ponsel dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan bersantai.

5. Mengistirahatkan mata
Seringkali Anda harus berangkat pagi hari dalam keadaan masih mengantuk. Ketika macet, Anda bisa memejamkan mata sejenak dan beristirahat.

Kalau tak bisa tertidur sebentar, Anda bisa melakukan "olahraga" mata dan menghilangkan kelelahan mata. Caranya mudah, Anda bisa hanya perlu mengikuti aturan 20/20/20. 
Fokuslah pada sebuah objek setidaknya sejauh 20 kaki (enam meter), selama 20 menit setiap 20 menit sekali. Selain itu, Anda juga bisa melatih mata dengan cara meletakkan ponsel dan putar bola mata searah jarum jam, berlawanan arah jam, dan naik-turun.

6. Menikmati musik
Bernyanyi bisa membantu melepaskan hormon endorfin yang berfungsi meredakan stres. Menyanyi akan mendorong Anda untuk menarik nafas dalam-dalam dan menggerakan tubuh. Dan sebenarnya bernyanyi serius bisa dianggap sebagai latihan aerobik.

Putar musik di dalam mobil yang Anda kendarai, atau jika bepergian dengan kendaraan umum, maka Anda harus puas mendengarkan musik lewat mp3 dan bersenandung kecil.













references by http://adf.ly/XBliJ
images by ptimes.ru

 
Like us on Facebook