November 16, 2013

Beli Alat Produksi, Apple Siapkan Rp. 120 Triliun

Apple Inc. pernah dinobatkan sebagai perusahaan yang paling inovatif di abad 21. Apple PC, MacBook, iPod, iPhone dan iPad merupakan serangkaian produk Apple yang berhasil mengendalikan tren pasar gadget dunia.
 http://www.techzoo.org/wp-content/uploads/2012/08/Apple-company.jpg


Kesuksesan berbagai produk itu berhasil memberikan pendapatan yang sangat besar bagi Apple. Namun di lain sisi, meski menjadi perusahaan pembuat produk, Apple tak memiliki fasilitas produksi sendiri.
Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu lebih suka mempercayakan produksi produknya pada pihak ketiga. Padahal kebijakan seperti itu membuat Apple terhambat dan agak lebih sulit mendapatkan tingkat kepuasan yang optimal dari proses produksi perangkatnya.

Karena itulah, perusahaan teknologi paling kaya itu sepertinya berencana mengubah kebijakannya. Apple dikabarkan siap merogoh koceknya dalam-dalam demi memiliki peralatan produksi. Tak tanggung-tanggung, menurut Bloomberg, Apple siap mengeluarkan dana sebesar USD 10,5 milyar atau setara Rp 120 triliun untuk mewujudkan rencananya.

Dana tersebut akan dipakai Apple untuk membeli beberapa peralatan produksi seperti robot perangkai hingga mesin pemotong bahan baku. Mesin itu akan mengurusi produksi perangkat Apple seperti tugas memoles iPhone 5C, mengukir bodi aluminium komputer Mac, mengujicoba unit kamera perangkat iOS serta kegiatan produksi lainnya.

Peralatan yang dibeli ini hanya dipergunakan khusus untuk Apple yang akan membantunya lebih unggul ketimbang kompetitornya soal proses manufaktur. Dilansir Benzinga yang dikutip, Jumat (15/11/2013), peralatan baru Apple itu juga akan dilengkapi teknologi yang paling mutakhir seperti yang biasa dipergunakan khusus di industri pesawat terbang.

Investasi yang terbilang besar ini tentunya akan berefek ke laporan keuangan Apple pada tahun 2014. Tapi tampaknya hal itu bukan masalah yang besar, mengingat Apple memiliki pendapatan sebesar USD 171 milyar di periode fiskal tahun lalu.


http://www.bloomberg.com/image/ifiqYe8QHJwo.jpg









 references by liputan6

 
Like us on Facebook