November 28, 2013

DAMPAK NEGATIF JIKA MEMAKSA ANAK MAKAN

Meski sudah mencoba membujuk dengan bermacam cara, terkadang si kecil tetap susah membuka mulutnya untuk makan. Kalau sudah begini, banyak ibu terkadang sampai memaksa anak untuk makan karena khawatir si kecil menjadi sakit jika perutnya selalu kosong.

https://www.toledoblade.com/image/2005/02/25/800x_b1_cCM_z/Parents-struggle-with-kids-who-won-t-eat-feeding-problems-prematurity-linked-2.jpg


Tetapi sebaiknya tindakan memaksa anak untuk makan jangan dilakukan karena rasa terpaksa hanya akan membuatnya semakin sulit untuk makan. Terlalu sering dipaksa makan juga bisa membuat anak berbalik membenci jenis makanan yang sudah capek-capek Anda sajikan.

Membuat anak senang menyantap setiap makanan yang dihidangkan memang tidak bisa instan. Pada awalnya mungkin Anda perlu mengalah dengan memberikan makanan yang disukainya. Tetapi perlahan-lahan kenalkan padanya beberapa makanan bergizi.

Makanan yang itu-itu saja juga membuat lidah anak jadi sulit menerima makanan baru. Karena itu sejak anak sudah mendapatkan makanan pendamping ASI, sebaiknya variasikan menu, warna, dan tekstur makanannya.

Jika anak sudah mulai besar, berikan pemahaman sederhana pentingnya makan makanan bergizi. Tentunya Anda sebagai orangtua harus memberikan contoh agar anak meniru perilaku makan yang baik.

Kenali tipe makannya. Tiap anak memiliki tipe makan yang berbeda-beda. Ada anak yang lebih senang makan dalam porsi kecil tapi sering, ada yang senang makan sekaligus banyak, ada yang senang makan sambil ditemani ngobrol, dan sebagainya. Sesuaikan dengan tipe makannya sehingga mereka lebih bersemangat saat makan.










references by kompas

 
Like us on Facebook