MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

November 15, 2013

Perkembangan Sisitem Operasi Windows

Baca Artikel Lainnya

Sudah hampir 30 tahun Microsoft hadir di antara ramainya sistem operasi saat ini. Tahun 1983, Bill Gates membuat sistem operasi Microsoft pertama, yaitu Windows 1.0, yang kemudian diluncurkan pada tahun 1985. Windows 1.0 menjadi sistem operasi Windows pertama keluaran Microsoft.



http://histinf.blogs.upv.es/files/2011/01/windows1.0.png



Senin, 11 November 2013, situs Which menuliskan serangkaian sistem operasi keluaran Microsoft, mulai dari yang pertama sampai saat ini. Berikut ini perinciannya.

1. Windows 1.0
Sistem operasi pertama ini meluncur pada 10 November 1985. Nama Windows diberikan oleh Bill Gates berdasarkan bentuk grafik yang seperti panel pada display program dan folder di dalamnya.

2. Windows 2.0Pada tahun 1987, Microsoft meluncurkan versi keduanya, yaitu Windows 2.0. Pada sistem operasi ini, dihadirkan fitur keyboard shortcut. Windows 2.0 merupakan sistem operasi pertama yang memiliki fitur Control Panel pada tampilannya.

3. Windows 3.0Sistem operasi ini adalah yang pertama menyediakan grafis lanjutan dengan 16 warna dan 7MB ruang hard disk. Windows 3.0 meluncur pada tahun 1990.

4. Windows 95Fitur Dekstop, Taksbar, dan tombol Start dirilis untuk Windows 95 ini. Sistem operasi tahun 1995 ini adalah pertama yang bisa menyediakan versi Internet dari Microsoft.

5. Windows 98Ini merupakan versi pertama yang berfokus pada dukungan bagi konsumen untuk membaca disk DVD dan perangkat USB. Windows 98 juga yang pertama menampilkan toolbar Quick Launch.

6. Windows 2000 ProfessionalSistem operasi ini dirancang untuk pelaku bisnis. Lalu, Microsoft kembali mengembangkannya menjadi dasar untuk semua versi Windows selanjutnya.

7.Windows MEPada tahun 2000, Windows ME (Millennium Edition) adalah versi terakhir dari seri 9x. Namun, karena banyak kritik dari penggunanya, Microsoft segera meluncurkan Windows XP sebagai gantinya.

8. Windows XPTerdapat desain ulang Windows yang lebih halus, cepat, dan stabil. Tahun 2001, Windows XP disediakan dalam dua jenis, yaitu edisi Home dan Professional. Sistem operasi ini mampu menampikan 45 juta baris kode komputer.

9. Windows VistaMeski dikembangkan dalam waktu yang cukup lama, Vista mendapat sambutan yang hangat dari penggunanya pada tahun 2007. Dengan fitur User Account Control, Vista merupakan sistem operasi yang paling aman sejauh ini.

10. Windows 7Microsoft melakukan sejumlah perbaikan dari Vista pada sistem operasi ini. Windows 7 merupakan versi Windows yang paling populer saat ini. Penjualannya sudah mencapai 525 juta kopi di seluruh dunia. Sistem operasi ini diluncurkan pada tahun 2007.

11. Windows 8Dirancang untuk tablet dan PC, Windows 8 merupakan sistem operasi yang mungkin akan terus diperbaiki perusahaan. Windows 8 memiliki daftar fitur baru, tapi hilangnya tombol Start membuat konsumen mengeluhkan hal tersebut. Dan, untuk memperbaikinya, Microsoft kembali meng-update dengan meluncurkan versi 8.1.

 








references by tempo
modified by +Agung YuLy Diyantoro 

 
Like us on Facebook