December 16, 2013

Cara Berbicara Baik-Baik Pada Anak

Mendidik anak-anak bukanlah hal yang mudah. Ada kalanya kita harus melarang mereka untuk melakukan sesuatu. Ada kalanya pula Anda harus mengingatkan mereka karena mereka bersalah. Tapi sayangnya, tidak semua anak bisa menerima apa yang Anda katakan.

 http://www.canada.com/life/cms/binary/1577974.jpg?size=620x400s


Dilansir dari familytime.co.uk, tips ini wajib Anda baca supaya hubungan Anda dan si anak tetap baik-baik saja.

Bagaimana cara melarang anak?
Jangankan anak-anak, Anda pun pasti tidak suka dilarang kan Ladies? Melarang anak akan membuat mereka frustasi atau marah. Trik terbaik untuk melarang anak adalah menghindari pengucapan kata 'jangan'.

Misalnya anak Anda minta untuk dibuatkan sandwich padahal ia sudah makan dan jam menunjukkan pukul 9 malam. Daripada Anda langsung berkata tidak atau jangan, lebih baik Anda gunakan pertanyaan 'Sudah jam berapa ini sayang? Kalau buat sandwich kan pasti lama. Besok ya kita bikin sama-sama?. Kalimat semacam ini akan membuat mereka lebih mengerti dari pada Anda langsung melarang mereka.

Bagaimana cara berkomunikasi dengan anak yang sedih atau kecewa?
Ketika Anda melihat anak Anda sedang sedih atau kecewa, bertanya 'kenapa?' tidak akan menjawab masalah. Anak-anak bahkan remaja kadang bingung untuk mengatakan apa yang mereka rasakan.

Dari pada Anda bertanya, lebih baik langsung katakan pada mereka 'ibu bisa melihat ada yang sesuatu padamu nak' atau 'kamu terlihat sedih hari ini'. Kuncinya adalah tidak menggunakan pertanyaan, tapi gunakan pernyataan.

Ini adalah cara yang tepat untuk memancing anak Anda. Kalau ia sudah mulai bercerita, dengarkan baik-baik dan berikan solusi yang tepat.

Bagaimana cara mengatakan bahwa mereka salah tanpa menyalahkan secara langsung?
Misalnya saja ketika mereka makan sambil ngobrol dengan temannya, biarkan saja dulu. Ketika mereka diam, ucapkan 'nah, lebih baik begini. Kalau makan jangan sambil bicara ya sayang'. Berikan pujian ketika mereka benar akan lebih baik dari pada menyalahkan mereka saat mereka salah.














references by vemale

 
Like us on Facebook