January 5, 2014

Nokia Pensiunkan Sistem Operasi Symbian

Seperti yang telah direncanakan, per 1 Januari 2014 kemarin Nokia telah secara resmi menghentikan dukungan terhadap dua sistem operasi besutannya, Symbian dan MeeGo. Kabar ini sendiri sebelumnya sempat dipublikasikan oleh perusahaan asal Finlandia itu pada Oktober 2013 silam.

http://wahyudisite.files.wordpress.com/2013/11/symbian-mobile-phone-os-goes-open-source_1.jpg

Akun Twitter resmi Nokia Symbian Team pun dilaporkan laman Cnet, Jumat (3/1/2014), telah mengucapkan pesan perpisahan dan ucapan terimakasih pada para pengguna setia platform Nokia Symbian dan MeeGo yang telah beroperasi sejak tahun 1997 silam itu.

Namun begitu, pihak Nokia menjelaskan bahwa para developer aplikasi yang memasarkan produknya di toko aplikasi Ovi Store tetap akan mendapatkan royalti. Sebab, aplikasi yang terdapat di Ovi Store masih bisa diunduh oleh para pengguna perangkat berbasis Symbian dan MeeGo hingga waktu yang belum ditentukan.

Sebelumnya laman All About Symbian sempat melaporkan bahwa langkah ini diambil pihak manajemen Nokia karena mulai tahun depan divisi perangkat dan layanan Nokia sepenuhnya akan berjalan di bawah arahan Microsoft. Mereka secara perlahan mulai menarik diri dan mengurangi porsi keterlibatan di sektor perangkat.

Meski begitu, pihak manajemen Nokia mengaku tetap akan memberikan dukungan kepada jajaran perangkat bersistem operasi Asha dan Windows Phone dalam jangka waktu yang cukup lama.
Adapun Symbian dan MeeGo pernah menjadi sistem operasi (OS) ponsel terpopuler sebelum akhirnya terdepak oleh sistem operasi Android. Selain itu, popularitas keduanya pun dikalahkan oleh varian smartphone Nokia seri Lumia yang berjalan di atas sistem operasi Windows Phone.

Kantar Worldpanel memperkirakan Symbian saat ini hanya menguasai pangsa pasar Eropa sebesar 1,8 persen, angka ini turun drastis dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 8 persen. Sementara di China, Symbian masih mampu menyumbang sekitar 2 persen pangsa pasar.

 http://developer.nokia.com/Community/Wiki/images/7/77/Symbian_OS_Structure.png?20070516130241

Bagi yang tahu seluk beluk ponsel pasti anda tidak asing lagi dengan kata symbian. Symbian pun punya kekurangan dan kelebihan, berikut mungkin contohnya:
Kelebihan:
a. OS yang paling laris pada tahun 2007 sampai 2010, karena memang belum ada yang menandinginya waktu itu.
b. Symbian juga terbukti bisa tampil baik pada ponsel dan dirancang untuk multimedia, hampir semua aplikasi yang kompatibel bisa dipasang.
c. Symbian adalah sebutan dari nokia yang tidak diragukan lagi kualitasnya.
d. Symbian merupakan os yang dapat dimodifikasi semua yang ada didalamnya.
e. symbian dapat dibentuk atau gampangnya dirubah tampilannya sesuai selera.
f. Symbian mampu bersaing dengan pesaing pesaing kelasnya.

Sebelum 28 Juni 2008, Nokia memegang 47,9 persen saham si Symbian.Ltd, sisanya dimiliki oleh Ericsson, Panasonic, Samsung, Siemens/BenQ dan Sony Ericsson. Tapi sekarang, Nokia sudah memiliki semuanya. Jadi , jangan heran kalo rata-rata ponsel Nokia menggunakan OS ini.

Sistem operasi Symbian mirip dengan sistem operasi desktop. Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu.

Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk source code sendiri.









references by liputan6
added by +Agung YuLy Diyantoro

 
Like us on Facebook