February 13, 2014

Info SNMPTN 2014

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.




Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di PTN.
Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Dengan demikian sekolah seharusnya melakukan kewajiban untuk mendorong dan mendukung siswanya dalam proses pendaftaran siswanya.

Tujuan

Tujuan SNMPTN adalah:
  • memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
  • mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK, termasuk Sekolah RI di luar negeri.

Ketentuan Umum

  • SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
  • Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswanya.
  • Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS

Persyaratan Siswa Pelamar

Pendaftaran

Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2014 yang:
  • mengikuti UN pada tahun 2013 atau 2014,
  • memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS,
  • memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (sampai semester 7 bagi SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

Penerimaan

Lulus Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus SNMPTN 2014, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Tata Cara Mengikuti SNMPTN

Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan (2) pendaftaran.

Pengisian dan Verifikasi PDSS

  • Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pendaftaran

  1. Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
  4. Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
    Sekolah dan/atau siswa pelamar yang mengalami kesulitan akses Internet, proses pengisian PDSS maupun pendaftaran dapat dilakukan di Plasa Telkom dan/atau Kantor Pos online di seluruh Indonesia.

Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian PDSS 6 Januari – 6 Maret 2014
dan selanjutnya diisikan secara berkala tiap akhir semester
Pendaftaran 17 Februari – 31 Maret 2014
Proses Seleksi 1 April – 26 Mei 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 27 Mei 2014
Pendaftaran Ulang di PTN
masing-masing bagi yang lulus seleksi
17 Juni 2014
bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014

 http://4.bp.blogspot.com/-DKccwhIGyWg/Urgh7aaoV4I/AAAAAAAAATM/AMw6k2__n1k/s1600/Jadwal+SNMPTN+2014.PNG

 

 

Program Studi dan Jumlah Pilihan

  • Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  • Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Siswa SMK/MAK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2014 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Biaya Seleksi

Biaya seleksi ditanggung Pemerintah, sehingga siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi.

Prinsip dan Mekanisme Seleksi

Prinsip Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
  • mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor, prestasi-prestasi akademik lainnya, dan hasil ujian nasional,
  • memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah,
  • menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara objektif, adil, dan akuntabel; sehingga daya tampung PTN tidak harus dipenuhi.

Mekanisme Seleksi

Seleksi dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:
  • Siswa pelamar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Siswa yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Sanksi Bagi Sekolah dan/atau Siswa yang Melakukan Kecurangan

Penerapan secara tegas bagi calon mahasiswa dan/atau sekolah yang melakukan kecurangan dengan sanksi sebagai berikut:
  • Sekolah yang melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya
  • Siswa yang melakukan kecurangan pada tahun 2014 dibatalkan status kelulusan SNMPTN.

Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana

  • Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041450450.
  • Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
  • Alamat Panitia SNMPTN 2014
    Gedung Rektorat Unpad,
    Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung 40135,
    Telepon (022) 842 88842,
    Faksimile (022) 842 88899

Lain-lain

  • Siswa pelamar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program beasiswa Bidikmisi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  • Perubahan ketentuan yang berkait an dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2014 akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id


Persyaratan SNMPTN 2014 tak Berubah


Ketua SNMPTN 2014 Ganjar Kurnia mengatakan tidak ada perbedaan syarat dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 dengan tahun lalu. Syarat-syarat yang diperlukan masih sama.

Beberapa syarat mengikuti SNMPTN, kata Ganjar, antara lain kepala sekolah harus mengisi data sekolah melalui  Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). PDSS ini  merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswanya.

Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN, ujar Ganjar, adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS. Siswa yang berhak mengikuti SNMPTN harus memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
“Kepala sekolah memang dituntut melek teknologi dengan mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman PDSS. Kalau memang mereka ingin anak-anak dididiknya bisa ikut SNMPTN, mereka harus melek teknologi agar bisa mengisi laman PDSS,” kata Ganjar, Senin, (10/2).

Namun, ujar Ganjar, setiap siswa yang ingin ikut SNMPTN harus membaca ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).  Panitia SNMPTN juga menyiapkan bantuan pengaksesan pendaftaran SNMPTN dari perguruan tinggi negeri terdekat dengan wilayah yang sulit dijangkau.
Pendaftaran SNMPTN melalui sistem online, terang Ganjar, juga  akan didukung juga oleh PT POS Indonesia. Di kantor pos terdapat jaringan internet para siswa bisa memanfaatkan jaringan itu untuk mendaftar SNMPTN secara online.

Pada SNMPTN 2014, ujar Ganjar, masing-masing PTN akan menampung 50 persen dari kuota penerimaan mahasiswa baru. Jumlah perguruan tinggi yang mengadakan  SNMPTN pada tahun 2014 berjumlah 63 PTN dengan masuknya Universitas Islam Negeri Palembang.

Dengan bertambahnya jumlah perguruan tinggi yang ikut menyelanggarakan SNMPTN, ujar Ganjar, maka akan ada penambahan kuota masuk melalui SNMPTN. Pada 2013 sekitar  140 ribu  mahasiwa masuk  melalui SNMPTN. Tahun ini diperkirakan sekitar 150 ribu mahasiswa masuk melalui SNMPTN. (republika)


INILAH KRITERIA PENILAIAN DARI #SNMPTN 2014~

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka dan berlangsung hingga 31 Maret 2014. SNMPTN 2014 merupakan modifikasi sistem seleksi mahasiswa baru jalur undangan dua tahun silam.

Lantas, bagaimana formula modifikasi itu? Berikut ini sembilan kriteria penilaian yang biasa digunakan PTN untuk menyeleksi calon maba melalui jalur SNMPTN, seperti dinukil dari laman Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Kamis (20/2/2014).

1. Nilai Rapor
Pada umumnya, nilai rapor mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional (UN) yang menjadi acuan penerimaan. Untuk perbandingan dua siswa, maka secara umum akan dilihat nilai total rapor mereka.

2. Nilai per Mata Pelajaran
Misalnya A dan B mengambil jurusan Kimia pada suatu universitas yang sama. Secara peringkat, si A kalah, namun memiliki nilai Kimia lebih baik dari B. Dalam kasus seperti ini maka si A tetap masih bisa bersaing dengan B.

3. Konsistensi
Konsisten yang dimaksudkan di sini ialah siswa tidak pernah keluar dari ranking 50 persen di kelasnya selama semester tiga hingga lima.

4. Prestasi di Luar Kelas
Siswa dapat melampirkan maksimal tiga prestasi terbaiknya. Piagam atau sertifikat bukti prestasi tersebut harus dipindai (scan), lalu diunggah saat pendaftaran daring (online).

5. Akreditasi
Prestasi sekolah di ajang-ajang kompetisi atau peringkat akreditasi sekolah juga menjadi pertimbangan pihak universitas dalam memilih siswa.

6. Prioritas Pemilihan Jurusan
Penentuan prioritas juga akan mempengaruhi peluang atau kesempatan siswa diterima atau tidak di jurusan tertentu yang telah ditentukan melalui tingkat prioritas.

7. Jumlah Alumni di PTN Tempat Mendaftar
Jumlah alumni SMA/SMK/MA yang kuliah di PTN tempat siswa akan mendaftar juga menjadi pertimbangan dalam jalur SNMPTN. Semakin banyak alumni yang ada di PTN tersebut maka makin bagus penilaian universitas itu terhadap sekolah tersebut.

8. Faktor Pengembangan SDM Daerah
Beberapa PTN memberi jatah kepada daerah-daerah tertentu yang kekurangan SDM. Terutama jurusan-jurusan yang menyangkut kesejahteraan masyarakat, seperti dokter dan guru. Hal ini dimaksudkan agar setelah lulus para mahasiswa tersebut diharapkan dapat kembali ke daerahnya untuk meningkatkan taraf kesejahteraan, kesehatan, dan pendidikan di daerah asal.

9. Aturan Khusus Tiap PTN
Aturan yang berlaku di tiap kampus tujuan juga perlu diperhatikan, terutama terkait dengan surat pernyataan kesediaan membayar. 



Daftar Perguruan Tinggi dan Program Studi yang DitawarkaN



DAFTAR PERGURUAN TINGGI

Klik pada nama perguruan tinggi untuk melihat daftar program studi.
1 UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
Telp. 081990330569, 082272076120
Email muhammadab91@gmail.com
20
2 UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Telp. 085361948828
Email humas@unsyiah.ac.id
55
3 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Telp. 061-6613276 ext.112
Email tappilrambe98@gmail.com
38
4 UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Telp. 061-8211266, 061-8218387
Email bisru.humas@yahoo.com
47
5 UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Telp. 08126628578, 08126604490
Email amril.amir23@yahoo.co.id
48
6 UNIVERSITAS ANDALAS
Telp. 081363024210
Email humas.unand@gmail.com
43
7 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM
Telp. 0761-562223
Email donnyhendrasukmana@gmail.com
33
8 UNIVERSITAS RIAU
Telp. 0761-63266, 08126823531
Email humasunivesitasriau@yahoo.com
51
9 UNIVERSITAS JAMBI
Telp. 0741-582625
Email jul.andayani@yahoo.com
41
10 UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Telp. 0711-8610405, 081278344111
Email zuldahlan@unsri.ac.id
49
11 UNIVERSITAS BENGKULU
Telp. 0736-21170 ext. 132 & 199
Email suharyanto_wp@yahoo.com
35
12 UNIVERSITAS LAMPUNG
Telp. 082186404167 / 085766653175
Email snmptn@kpa.unila.ac.id
43
13 UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG
Telp. 0717-422145, 0717-421303
Email kuncoro@ubb.ac.id
13
14 UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI
Telp. 0771-7001550
Email infopmb@umrah.ac.id / infopmb_umrah@yahoo.co.id
17
15 UNIVERSITAS INDONESIA
Telp. 021-29972200
Email penerimaan@ui.ac.id; humas-ui@ui.ac.id
58
16 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JAKARTA
Telp. 021-7401925 ext.1829
Email ifenkarifians@yahoo.co.id
48
17 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Telp. 021-47882394, 021-4898486
Email widya_parimita@yahoo.com
52
18 UNIVERSITAS PADJADJARAN
Telp. 022-2533737, 022-84288866
Email humas@unpad.ac.id
45
19 INSTITUT PERTANIAN BOGOR
Telp. 0251-8425635
Email admin@ipb.ac.id
36
20 UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
Telp. 022-72250000, 022-72260000, 022-72270000
Email humas@upi.edu; pmb@upi.edu
74
21 INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
Telp. 022-2511205, 022-2503147 ext.12111,12113 , 022-2508519
Email marlia@fa.itb.ac.id
13
22 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
Telp. 081214077259
Email erihadiana@gmail.com
40
23 UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
Telp. 0281-7633991, 0281-7633992
Email info@unsoed.ac.id
37
24 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Telp. 024-8508093
Email rumahbaca@yahoo.com
63
25 IAIN WALISONGO
Telp. (024) 7604554
Email humas@walisongo.ac.id / humaswalisongo@yahoo.co.id
22
26 UNIVERSITAS DIPONEGORO
Telp. 024-7460041/024-7460033
Email humas@undip.ac.id / ningsihundip@undip.ac.id
47
27 UNIVERSITAS SEBELAS MARET
Telp. 0271-634880
Email tunjung_ws@yahoo.co.id
62
28 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Telp. 0274-520325
Email humas@uny.ac.id; efendianwar@ymail.com
53
29 UNIVERSITAS GADJAH MADA
Telp. 0274-6491808, 0274-551222
Email umugm@ugm.ac.id
67
30 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
Telp. 0274-512474, 0274-589621, 0274-558254
Email humas@uin-suka.ac.id; rtm_maharani@yahoo.com
38
31 UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
Telp. 031-8410298
Email humas@sunan-ampel.ac.id; iainsurabaya@kemenag.go.id
35
32 UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Telp. 0341-565979 ext. 152
Email kariyoto@um.ac.id
52
33 UNIVERSITAS JEMBER
Telp. 0331-330224 ext.317 & 338
Email humas@unej.ac.id
41
34 UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Telp. 0341-575754
Email ppid@ub.ac.id
70
35 INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
Telp. 031-5994251-53 ext 1012
Email baak@its.ac.id
28
36 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG
Telp. 0341-570887
Email snmptn13_uinmaliki@yahoo.com
18
37 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Telp. 087854806254
Email suyatno_master@yahoo.com
52
38 UNIVERSITAS TRUNOJOYO
Telp. 031-3011146, 081234565461
Email khorosid@yahoo.com
22
39 UNIVERSITAS AIRLANGGA
Telp. (031) 5915551
Email ketua@pih.unair.ac.id
34
40 UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
Telp. 08179998443
Email atiar23@ymail.com
22
41 UNIVERSITAS UDAYANA
Telp. (0361)701954,(0361)701812,(0361)703138 Ext :110,109
Email info.baa@unud.ac.id
47
42 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Telp. 0362-22570
Email agus_supradnyan@yahoo.co.id
33
43 UNIVERSITAS MATARAM
Telp. 0370-633007
Fax. 0370-636041
Email unram.maba@gmail.com
29
44 UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Telp. 0380-881580
Email baakpsi_undana@yahoo.com
43
45 UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Telp. 0561-740189 , 085752443272, 082157980946
Email idafitria60@gmail.com
53
46 UNIVERSITAS PALANGKARAYA
Telp. 0536-3220447
Email bettysurya@yahoo.co.id
35
47 UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Telp. 0511-3305195
Email frobby@unlam.ac.id
51
48 UNIVERSITAS MULAWARMAN
Telp. 0541-749343
Email ihwan@unmul.ac.id
48
49 UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
Telp. 085248708866, 085247135085, 08125557613
Email nurul_hidayat24@yahoo.co.id; nurul_hidayat@borneo.ac.id
15
50 UNIVERSITAS SAM RATULANGI
Telp. 081340074360
Email kaligis.david@yahoo.co.id
43
51 UNIVERSITAS NEGERI MANADO
Telp. 0431-321779
Email dennymaukar@mail.unima.ac.id
43
52 UNIVERSITAS TADULAKO
Email eltakbirav@yahoo.com; nawir@untad.ac.id
38
53 UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Telp. 0411-868879
Email jalal.mulbar@yahoo.com
63
54 UNIVERSITAS HASANUDDIN
Telp. 0411-586006
Email miqsul@yahoo.com
59
55 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN
Telp. 0411-82214000
Email antohumasuin99@yahoo.co.id
45
56 UNIVERSITAS HALUOLEO
Email alimmarhadi@yahoo.co.id
58
57 UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Telp. 0435-8740885
Email oelvan_03@yahoo.co.id, firdaus@ung.ac.id
44
58 UNIVERSITAS PATTIMURA
Telp. 0911-322627/081284315472/081355041117
Fax. 0911-322627
Email rohny_maail@yahoo.com
42
59 UNIVERSITAS KHAIRUN
Telp. 0921-3110904,Fax. 0921-3110901, 0921-3110906
Email kadridaud@yahoo.com.sg; kdunkhair@gmail.com
29
60 UNIVERSITAS CENDERAWASIH
Telp. 081380548570
Email rumintasilalahi@yahoo.com
34
61 UNIVERSITAS MUSAMUS MERAUKE
Telp. 085244056413, 085244676900, 081248972107
Email edoms.unmus@yahoo.co.id; phiuluk@gmail.com; ka_bakk@unmus.ac.id
24
62 UNIVERSITAS NEGERI PAPUA
Telp. 08124858232
Email skaramang3@gmail.com
25


 
Like us on Facebook