February 26, 2014

Tips Lebih Mengoptimalkan Manfaat Dari Kopi

Minum kopi ada di antara dua kemungkinan, yaitu menyehatkan dan merugikan. Bagi orang-orang yang tubuhnya sensitif terhadap kafein, mesti berhati-hati mengonsumsinya. Misalnya, penderita penyakit jantung dan hipertensi tidak disarankan mengonsumsinya.

http://cache.desktopnexus.com/thumbnails/1281634-bigthumbnail.jpg


Namun sebaliknya, bagi orang yang tidak bermasalah dengan kafein bisa merasakan manfaat kopi. Dikutip dari laman Care2, ada beberapa cara untuk mengoptimalkan kegunaan dari kopi:
  1. Hindari minum kopi setelah pukul 2 siang. Kafein pada kopi memberikan stimulan untuk meningkatkan energai dan membantu mudah terjaga. Jika kafein diberikan jelang akhir hari, dikhawatirkan akan mengganggu tidur di malam hari. Ganti kopi dengan minuman lain yang rendah kafein. Disarankan tidak minum kopi sejak pukul 2 siang sampai 3 sore agar efeknya tidak sampai menganggu pola tidur.
  2. Hindari minum kopi dengan gula. Kopi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, seperti mencegah obesitas dan diabetes. Penambahan gula akan menimbulkan risiko pada kedua penyakit tersebut.  Jika ingin manis, gunakan pemanis alami seperti stevia yang rendah kalori.
  3. Pilih kopi dengan kualitas terbaik dan organik. Kopi yang berasal dari biji tanpa pestisida jauh lebih sehat. Lebih baik mengeluarkan biaya sedikit lebih besar untuk kopi organik demi mendapatkan manfaat kopi yang maksimal.
  4. Hindari menambahkan pemanis buatan. Pemanis sintetis ini menurut beberapa studi memberikan berbagai masalah bagi kesehatan sekalipun rendah kalori. Paling aman adalah pemanis alamai seperti stevia.
  5. Menambahkan kayu manis. Menyampur kopi dengan kayu manis akan memperkuat efek antidiabetes. Kayu manis dikenal dapat menurunkan tekanan darah. Di lain sisi, kayu manis akan menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida.
  6. Hindari memakai krimer atau susu kaya lemak. Lemak ini membuat kopi tidak lagi sehat. Dari sisi rasa memang lebih enak dan ringan dibanding minum kopi  murni.
  7. Menambahkan bubuk coklat. Kakao yang penuh dengan antioksidan membuat kopi makin sehat. Di antaranya adalah menjaga dari risiko penyakit jantung. Namun kalau Anda memiliki hipertensi sebaiknya hindari minum kopi yang justru memicu serangan jantung.
  8. Saring kopi memakai kertas filter. Kopi tubruk lebih mungkin memiliki zat berbahaya yang dikenal sebagai diterpenes. Ini adalah senyawa yang akan meningkatkan kolesterol dalam darah. Dengan memakai kertas filter, diterpenes dapat disaring namun bisa dilewati oleh antioksidan dan kafein.














refernces by aktual post

 
Like us on Facebook