March 2, 2014

Aplikasi Sistem Perbankan Rawan Serangan Hacker

Kini, ada dua kali lebih banyak program berbahaya yang ditemukan menargetkan smartphone dan tablet tahun lalu dibandingkan dengan tahun 2012. Program ini dirancang khusus untuk mencuri uang dari rekening bank.

 http://2.bp.blogspot.com/-3hccLEiyT3Y/UjbpaGXNUKI/AAAAAAAACsU/qaTFpRIDqh8/s1600/hackers_4996108_lrg.jpg


Perusahaan keamanan komputer Kaspersky Labs, Moskow, hari ini mengumumkan bahwa telah menemukan hampir 100.000 kode berbahaya yang berusaha mencuri data dari ponsel dan tablet pada tahun 2013, meningkat dari 40,059 pada 2012. Para hacker telah “terobsesi” untuk mencuri uang dari aplikasi perbankan.

Sebagian besar lebih dari 98%, serangan diluncurkan pada perangkat Android. Pada awal tahun, hanya ada 64 Trojan perbankan yang diarahkan pada sistem operasi. Namun, pada akhir tahun 2013, Kaspersky telah mengumpulkan 1.321 samplel unik.

Selain Trojan, laporan dari perusahaan mengungkapkan bahwa kejahatan cyber ini melibatkan tekhnik pencurian informasi pengguna rekening, dikenal dengan istilah ‘phishing’.

Phishing berupa pembuatan replika situs ataupun aplikasi,link konfirmasi informasi pengguna dari email dan hal-hal yang membuat informasi pengguna tercuri.

Untuk menghindari pencurian informasi pengguna yang menyebabkan pencurian uang, hal-hal sederhana yang mesti dilakukan yaitu pastikan aplikasi anti-virus dan e-banking terpercaya, URL yang digunakan 'https://' bukan 'http://', dan perbaharui browser Anda


 https://www.ethicalhacker.net/i/columns/hoffman/feb06/3.gif

















references by pikiran rakyat

 
Like us on Facebook