March 30, 2014

Cara Mengatur Tidur Bayi


http://greatinspire.com/wp-content/uploads/2012/11/Cute-Sleeping-Baby-37.jpg

Bunda, bayi yang berusia di bawah 3 bulan biasanya memiliki pola tidur yang tak teratur. Agar bayi bisa tidur dengan nyenyak dan bisa memiliki jadwal tidur yang teratur, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa tips yang dilansir dari babycenter.com yang bisa Anda ikuti untuk menciptakan kebiasaan tidur yang lebih baik dan teratur untuk bayi Anda.



Kenali Tanda-Tanda Bayi Anda Sudah Lelah
Bayi yang berusia enam hingga delapan minggu biasanya tidak bisa terjaga dalam waktu dua jam penuh. Jika Anda terlalu lama membiarkan bayi Anda dan tidak langsung menidurkan bayi Anda, ia akan mengalami masalah tidur. Beberapa tanda yang bisa Anda lihat dan kenali langsung ketika bayi Anda sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan, antara lain ketika ia menguap, mengucek-ucek matanya, menarik-narik daun telinganya, atau terlihat lebih rewel dari biasanya. Jadi, jika Anda sudah melihat tanda-tanda tersebut, Anda bisa coba untuk menidurkannya.

Ajari Perbedaan Siang dan Malam
Bayi biasanya akan bangun di tengah malam dan membuat Anda ikut terjaga bahkan hingga pagi. Agar bayi Anda tidak terus-terusan terbangun di tengah malam atau tiba-tiba rewel, Anda bisa coba ajarkan perbedaan siang dan malam. Bagaimana caranya? Saat siang hari ketika ia terjaga, Anda bisa mengajaknya bermain dan membuat ruangan menjadi lebih terang. Ketika malam hari saat ia terjaga, usahakan tidak mengajaknya bercanda atau bermain-main. Saat malam hari, usahakan cahaya ruangan juga lebih redup dari biasanya.

Biarkan Bayi Anda Tidur dengan Sendirinya
Ketika Anda melihat bayi Anda terlihat sudah mengantuk, Anda bisa coba untuk menidurkannya dengan menaruhnya di atas kasur. Apa manfaatnya? Dengan cara ini bayi Anda bisa menciptakan kebiasaan tidurnya sendiri.

Buat Jadwal Tidur untuk Bayi Anda
Misalnya Anda bisa menyanyikan lagu nina bobo untuk bayi Anda agar ia bisa tahu bahwa ketika saat orang tuanya menyanyikan lagu nina bobo itu artinya ia harus tidur. Alternatif lain adalah Anda bisa memberikan ciuman sebelum tidur untuk bayi anda, dengan ciuman itu ia bisa tahu bahwa itu adalah waktunya untuk beristirahat. Kebiasaan-kebiasaan yang tampaknya sepele ini memiliki dampak yang sangat besar untuk membantu mengatur jadwal tidur bayi Anda.
















references by http://adf.ly/hzycn

 
Like us on Facebook