March 11, 2014

Cara Mengurangi Radiasi Smartphone / HP


http://cellphones.procon.org/files/1-cell-phones-images/cell_phone_radiation_skeleton.PNG

Gonjang-ganjing pengaruh radiasi ponsel terhadap kesehatan memang belum mencapai kesepakatan final. Beberapa penelitian ada yang mengatakan berbahaya, namun ada pula yang berkesimpulan tidak ada pengaruhnya.

Seperti halnya hasil studi yang dilakukan oleh the International Agency for Research on Cancer (IARC), berkesimpulan bahwa medan elektromagnetik frekuensi radio yang muncul dari ponsel diklasifikasikan “mungkin karsinogenik bagia manusia”, atau menjadi penyebab munculnya sel-sel kanker. Dalam studi lain dikatakan, sel kanker tersebut akan menjadi ganas setelah 10-15 tahun mendatang. Bagian kepala menjadi cukup beresiko terhadap munculnya kanker ini.


Terlepas dari benar tidaknya resiko ini, tidak ada salahnya pengguna ponsel berwaspada. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meminimalkan efek buruk radiasi ponsel:

1. Perbarui perangkat ponsel Anda dengan tekonologi 3G atau di atasnya
Menurut laporan IARC, ponsel generasi ketiga (3G)  memancarkan radiasi 100 kali lebih rendah dari jaringan GSM (2G).  Sementara itu, Joel Moskowitz, PhD, direktur  the School of Public Health di University of California–Berkeley, mengatakan, radiasi ponsel yang lebih rendah dari GSM bisa didapatkan pula dengan memakai ponsel berbasis jaringan CDMA. Jadi Anda bisa memililih ponsel dengan layanan 3G atau CDMA untuk mendapatkan efek radiasi yang lebih rendah.

2.  Gunakan perangkat hands-free
Headset yang Anda kenakan bisa memberikan jarak antara perangkat ponsel dengan tubuh Anda. Pemakaian bluetooth tidak bermasalah, karena besaran radiasi bluetooth juga 100 lebih kecil daripada harus kontak langsung ponsel. Cara lain, Anda bisa menggunakan speaker-phone untuk berkomunikasi.

3. Jangan berpindah tempat sewaktu menelepon

Ponsel akan memancarkan radiasi lebih tinggi ketika harus melakukan pencarian sinyal dari satu menara pemancar (BTS) ke pemancar lain, saat Anda berpindah tempat. Pastikan Anda mendapatkan sinyal yang kuat dahulu sebelum melakukan panggilan telepon. Maka, jangan menelepon sambil mengemudi.

4. Cari sinyal kuat sebelum menelepon

Ketika ponsel Anda menunjukan batang sinyal yang rendah, segera cari tempat yang memiliki sinyal lebih kuat sebelum menelepon. Ini untuk menghindari ponsel melakukan pencarian sinyal yang dapat meningkatkan radiasi.

http://www.eweek.com/imagesvr_ce/9628/006813bodywell02.jpg

http://www.blogcdn.com/www.engadget.com/media/2010/06/get-a-safer-phone--environmental-working-group.jpg










references by sidomi
modified by +Agung YuLy Diyantoro 

 
Like us on Facebook