March 26, 2014

Manfaat $ Kegunaan Bercerita Pada Anak Sebelum Tidur


http://blogs.theguardian.com/books/bedtime460.jpg

Kisah Cinderella, Alice in The Wonderland, Timun Mas, atau Si Cerdik Kancil merupakan cerita yang disukai anak-anak sebelum tidur. Hasil sejumlah penelitian menyatakan bercerita kepada anak sebelum tidur mendatangkan banyak manfaat bagi hubungan orangtua dan anak. Berikut 10 alasan mengapa orangtua wajib menyisihkan waktu sekitar 15 menit saja untuk anaknya.


1. Cerita sebelum tidur dapat mempererat hubungan fisik dan emosional antara orangtua dan anak. Jika aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, si anak akan merasa dicintai.

2. Cerita anak juga memiliki pesan moral yang kuat. Jika sulit mengajarkan pada anak soal hal yang baik dan buruk maka melalui cerita si anak cenderung menerimanya tanpa melawan.

3. Setelah seharian lelah bermain dan belajar, si anak juga perlu waktu relaksasi. Cerita bisa menjadi salah satu alat untuk membuat tidur anak menjadi lebih nyenyak, asalkan jangan bercerita tentang kisah-kisah seram.

4. Bercerita dengan menggunakan buku bisa membantu anak belajar huruf dan kata-kata. Sedangkan untuk cerita Bahasa Inggris, anak-anak akan mendapatkan kata-kata baru dan memperkaya perbendaharaan bahasa asingnya.

5. Dengan bercerita, anak-anak akan terpacu untuk menuliskan imajinasinya. Jadi jangan heran jika suatu waktu nanti mereka menjadi penulis.

6. Di tengah tayangan hiburan televisi yang tidak sehat, cerita bisa mengembalikan nilai-nilai yang dirusak atau dieksploitasi lewat tayangan tersebut.

7. Cerita bisa membangun imanjinasi dan empati anak tentang apa yang dirasakan oleh tokoh-tokoh dalam cerita tersebut. Berikan peran pada anak untuk memutuskan apa yang akan terjadi jika tokoh utama mengalami sesuatu hal.

8. Cerita membantu anak untuk menyukai buku bacaan sejak dini.

9. Cerita juga bisa membuat anak yang lebih tua untuk melakukan hal yang sama untuk adiknya. Mereka akan saling berbagi dan terutama hubungan di antaranya semakin erat.

10. Kehidupan tak selalu berjalan mulus. Melalui cerita, si anak akan belajar hal-hal yang tidak selamanya bahagia atau sesuatu yang selalu mereka dapatkan. Cerita juga bisa memperkenalkan jika di dunia ini ada hal yang jahat atau ketidakadilan. Cerita anak selalu berujung dengan kebaikan. Melalui proses ini anak akan belajar bahwa tujuan hidup ini tidak lain untuk berguna bagi sesama.


 http://i.huffpost.com/gen/1481482/thumbs/o-KIDS-SLEEP-facebook.jpg















references by http://adf.ly/hUC4g

 
Like us on Facebook