March 4, 2014

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Agar-agar yang terbuat dari rumput laut sering dipakai sebagai pelengkap menu diet agar program tersebut berhasil dilakukan. Ternyata, hal tersebut bukan omong kosong belaka. Studi terbaru yang dilakukan Universitas Newcastle menemukan, rumput laut pada tipe tertentu mampu melakukan penyerapan lemak sampai 75 persen.

 http://www.wafertango.com/images_read_share/rumput-laut-sda-yang-banyak-manfaat-big-537.jpg

Seperti dilansir BBC, peneliti mendapati ada komponen dari alginat pada rumput laut yang bekerja untuk melawan lemak. Efeknya proses pencernaan lemak pada usus dapat ditekan lalu diserap. Mengonsumsi rumput laut bisa menjadi cara supaya berat badan segera turun. Sayangnya, barangkali rasanya tidak cukup lezat saat dimakan dalam kondisi utuh.
 ”Kami mencoba menambahkan alginat pada roti dan tes awal menunjukan rasa yang sangat menyenangkan,” ungkap Prof Jeff Pearson dari Institut Bioteknologi Sel dan Molekuler, Universitas Newcastle.
Pada studi ini, peneliti melihat seberapa jauh alginat bisa mengurai lemak. Dalam hal ini, fokusnya adalah melihat peran alginat saat bertemu lemak yang menjadi hasil urai dari enzim lipase, sebuah enzim pencernaan yang dihasilkan pankreas. Hasilnya, ketika enzim lipase sedikit dalam bekerja maka penyerapan lemak pun sebanding sedikitnya.
Sehingga, jika diterapkan pada program diet, rumput laut diyakini dapat dipakai untuk melawan obesitas. Tetap disarankan selain mengonsumsi rumput laut dan olahannya, asupan lemak harian mesti dibatasi agar penurunan berat badan berjalan maksimal.
“Sekarang langkah selanjutnya adalah melakukan uji klinis untuk mengetahui seberapa efektif alginat bila dimakan sebagai bagian dari diet yang normal,” kata Pearson.
Masalah obesitas menjadi salah satu persoalan kesehatan yang cukup serius di berbagai negara. Obasitas dikaitkan dengan berbagai penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Di samping itu, orang yang punya berat badan berlebih lebih mungkin untuk mengalami diabetes tipe 2.














references by aktualpost

 
Like us on Facebook