May 19, 2014

Pendaftaran SBMPTN 2014 Ditutup 6 Juni 2014

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 akan dibuka mulai besok Senin, 12 Mei, dan ditutup 6 Juni 2014. Mulai tahun ini, ujian tertulis hanya dilaksanakan sehari pada 17 Juni 2014.

http://2.bp.blogspot.com/-BpKgNeJ4b9o/UMgQi9H03DI/AAAAAAAABIM/_3ELkddYB44/s1600/SBMPTN-1.png


Berdasarkan kajian, kata ketua panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)/SBMPTN Ganjar Kurnia, dua tes awal yang biasanya terpisah disatukan menjadi tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA). Setelah itu peserta jurusan IPA mengerjakan Tes Kemampuan Dasar Saintek, dan peserta jurusan IPS menghadapi tes Kemampuan Dasar Sosial dan Hukum. "Khusus peserta campuran waktu ujiannya lebih lama karena harus mengerjakan TKPA, tes saintek, dan sosial hukum," katanya, Ahad, 11 Mei 2014.

Perubahan ini juga memangkas biaya yang harus dikeluarkan peserta. Menurut Ganjar, semua peserta tes tertulis maupun tes keterampilan pada jurusan tertentu, cukup membayar sekali, sebesar Rp 100 ribu. Tes keterampilan akan digelar pada hari berikutnya setelah tes tertulis, yaitu pada 18-19 Juni 2014. Tes keterampilan dipakai untuk menyaring peminat jurusan seperti guru, olahraga, dan seni rupa. (Baca: Awas, Situs SBMPTN Palsu)

Ganjar memperkirakan peserta SBMPTN 2014 meningkat dibanding 2013, yakni dari 640 ribu orang menjadi 800 ribu lebih peserta. Peningkatan ini didorong pendaftar jalur SNMPTN tidak melonjak dan biaya pendaftaran lebih murah dibanding tahun lalu. "Selain siswa lulusan baru, pendaftar lulusan 2012 dan 2013 masih bisa ikut," katanya.

SNMPTN merupakan jalur penyaringan tanpa tes tertulis oleh kampus negeri, melainkan berdasarkan hasil rapor selama di SMA sederajat dan prestasi lainnya. Bagi siswa yang telah diterima di jalur SNMPTN 2014 namun ikut ujian tertulis SBMPTN, kata Ganjar, statusnya di jalur SNMPTN otomatis akan gugur. Panitia rencananya akan mengumumkan hasil SNMPTN pada 27 Mei 2014

Aturan SNMPTN 2014 Berubah



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta panitia mengubah aturan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014. Salah satunya, nilai ujian nasional SMA sederajat akan diperhitungkan. Ketentuan itu sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013.

Penerimaam mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri 2014 masih menggunakan tiga jalur. Jalur pertama adalah SNMPTN. Seleksi jalur tersebut berdasarkan prestasi akademik siswa, yaitu rapor, nilai ujian nasional, dan prestasi lain. "Ada delapan variabel penghitungan, termasuk persentase kakak kelas yang diterima PTN, juga IPK-nya," kata ketua umum SNMPTN 2014 Ganjar Kurnia, Rabu malam, 11 Desember 2013, di Bandung. Jatah peserta jalur SNMPTN masih tetap, minimal 50 persen dari kuota setiap program studi atau perguruan tinggi negeri.

Jalur kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksinya berdasarkan hasil tes tertulis serta keterampilan dengan daya tampung 30 persen dari kuota setiap program studi atau perguruan tinggi negeri. Adapun ketiga, jalur mandiri, dengan kuota 20 persen, diserahkan sepenuhnya ke setiap PTN.

Kebaruan lainnya, menurut mantan Ketua Panitia SNMPTN Akhmaloka, pemerintah akan memberi subsidi biaya pembelian formulir SBMPTN 2014. "Biayanya akan turun sampai 50 persen," ujarnya di acara peluncuran SNMPTN di sebuah hotel di Bandung. Biaya formulir SBMPTN 2013 berkisar Rp 175 ribu hingga 200 ribu.

 
Materi Soal SBMPTN


PASCA Ujian Nasional (UN) khususnya tingkat SMA sederajat, tugas para pelajar kelas 12 tidak berhenti. Ada sejumlah proses lagi yang harus dijalani oleh siswa kelas 12. Salah satunya adalah mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
Pendaftaran SBMPTN 2014 dimulai pada 12 Mei 2014. Sementara ujian tertulisnya akan dilaksanakan pada 17 Juni mendatang.

Sebelum melihat mata ujian, para calon pendaftar harus mengetahui terlebih dahulu kelompok ujian dalam SBMPTN. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi tiga, yaitu Saintek (IPA), Soshum (IPS), dan Campuran (IPC).

Kelompok ujian Saintek akan menerima materi ujian Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek. Kemudian, kelompok ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum. Sementara kelompok ujian Campuran akan mengikuti ujian dengan materi TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Bagian soal ini terdiri atas soal Tes Kemampuan Verbal, Numerikal, Figural, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Untuk TKD Saintek terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sementara TKD Soshum meliputi mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Sedangkan bagi yang memilih prodi seni dan olahraga juga wajib mengikuti ujian keterampilan yang memiliki bobot 60 persen dari total nilai. Ujian keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.

Sedangkan ujian keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta

Penyelenggaraan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014bertujuan untuk menyeleksi dan memperoleh calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik guna mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. SBMPTN juga bertujuan untuk memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Persyaratan


  1. Pendaftaran
    1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2012, 2013, dan 2014. Lulusan tahun 2012 dan 2013 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Lulusan tahun 2014 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
    2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  2. Penerimaan
Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SBMPTN 2014, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Pembagian Wilayah Peserta SBMPTN 2014


  1. WILAYAH I
Meliputi Perguruan Tinggi:
  1. Universitas Syiah Kuala
  2. Universitas Malikussaleh
  3. Universitas Negeri Medan
  4. Universitas Sumatera Utara
  5. Universitas Negeri Padang
  6. Universitas Andalas
  7. Universitas Riau
  8. UIN Sultan Syarief Kasim
  9. Universitas Jambi
  10. Universitas Maritim Raja Ali Haji
  11. Universitas Sriwijaya
  12. Universitas Bangka Belitung
  13. Universitas Bengkulu
  14. Universitas Lampung
  15. Universitas Negeri Jakarta
  16. Universitas Indonesia
  17. UIN Syarief Hidayatullah Jakarta
  18. Institut Pertanian Bogor
  19. Universitas Pendidikan Indonesia
  20. Institut Teknologi Bandung
  21. Universitas Padjadjaran
  22. UIN Sunan Gunung Djati
  23. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  24. Universitas Tanjungpura
  1. WILAYAH II
Meliputi Perguruan Tinggi:
  1. Universitas Jenderal Soedirman
  2. Universitas Negeri Semarang
  3. Universitas Diponegoro
  4. IAIN Walisongo
  5. Universitas Sebelas Maret
  6. Universitas Negeri Yogyakarta
  7. Universitas Gadjah Mada
  8. UIN Sunan Kalijaga

  1. WILAYAH III
Meliputi Perguruan Tinggi:
  1. Universitas Negeri Surabaya
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  3. Universitas Airlangga
  4. Universitas Trunojoyo Madura
  5. IAIN Sunan Ampel
  6. Universitas Negeri Malang
  7. Universitas Brawijaya
  8. UIN Maulana Malik Ibrahim
  9. Universitas Jember
  10. Universitas Udayana
  11. Universitas Pendidikan Ganesha
  12. Universitas Mataram
  13. Universitas Nusa Cendana
  14. Universitas Palangka Raya
  15. Universitas Lambung Mangkurat
  16. Universitas Mulawarman
  17. Universitas Borneo Tarakan

  1. WILAYAH IV
Meliputi Perguruan Tinggi:
  1. Universitas Negeri Makassar
  2. UIN Alauddin
  3. Universitas Hasanuddin
  4. Universitas Tadulako
  5. Universitas Haluoleo
  6. Universitas Negeri Gorontalo
  7. Universitas Negeri Manado
  8. Universitas Sam Ratulangi
  9. Universitas Pattimura
  10. Universitas Cenderawasih
  11. Universitas Khairun
  12. Universitas Negeri Papua
  13. Universitas Musamus

Kelompok dan Materi Ujian


Ujian SBMPTN terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
4.1 Ujian Tertulis
KELOMPOK UJIAN
MATERI UJIAN TULIS
MATA UJI
  1. Saintek
TKPA
Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal, dan Figural

TKD Saintek
Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika
  1. Soshum
TKPA
Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal, dan Figural

TKD Soshum
Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi
  1. Campuran
TKPA
Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal, dan Figural

TKD Saintek
Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika

TKD Soshum
Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi
Keterangan:
TKPA                     : Tes Kemampuan dan Potensi Akademik
TKD Saintek         : Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi
TKD Soshum        : Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora

4.2 Ujian Keterampilan
Materi ujian keterampilan terdiri dari:
  1. Tes Keterampilan mencakup bidang:
    1. Senirupa berupa Tes Menggambar (Bentuk dan Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni
    2. Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, imitasi gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara)
    3. Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara)
    4. Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas Drama, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).
  2. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas
    1. Tes Kesehatan
    2. Tes Kemampuan Fisik
Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

Kelompok Prodi dan Jumlah Pilihan


  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu:
    1. Kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi Saintek,
    2. Kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) progarm studi dari kelompok program studi Soshum, dan
    3. Kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi yang merupakan campuran dari  kelompok Saintek  dan  kelompok Soshum.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi pada PTN di wilayah manapun.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
  6. Daftar wilayah ujian, program studi, daya tampung per PTN tahun 2014, dan jumlah peminat  program studi per PTN tahun 2013 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id

Waktu Pendaftaran


  1. Waktu Pendaftaran:
Pendaftaran secara online dimulai dari tanggal 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB s.d. 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB.
  1. Tata Cara Pendaftaran:
Pendaftaran dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id.

Jadwal Seleksi Ujian Tertulis dan Ketrampilan


Ujian Tertulis
Pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014 dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan jadwal sebagai berikut:
Hari dan
Tanggal
WIB
WITA
WIT
Kegiatan
Saintek
Soshum
Campuran
 Selasa
17 Juni 2014
07.00-07.30
08.00-08.30
09.00-09.30
Masuk ruang ujian, mengisi biodata, Pemeriksaan Identitas

07.30-09.15
08.30-10.15
09.30-11.15
Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek)

09.15-09.45
10.15-10.45
11.15-11.45
Istirahat

09.45-10.00
10.45-11.00
11.45-12.00
Masuk ruang ujian& mengisi biodata*)
10.00-11.45
11.00-12.45
12.00-13.45
Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA)
11.45-12.45
12.45-13.45
13.45-14.45
Istirahat

12.45-13.00
13.45-14.00
14.45-15.00
Masuk ruang ujian& mengisi biodata*)


13.00-14.15
14.00-15.15
15.00-16.15
Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum)

Ujian Keterampilan
Ujian Keterampilan dilakukan pada tanggal 18dan/atau19 Juni 2014. Tempat ujian dilaksanakan di PTN penyelenggara Ujian Keterampilan sesuaidengan yang tercantum pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SBMPTN 2014.

Penilaian Hasil Ujian


Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:
Jawaban BENAR
:
+ 4
Jawaban SALAH
:
-  1
Tidak Menjawab
:
  0
Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata uji harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

Pengumuman Hasil Ujian


  1. Hasil ujian SBMPTN 2014 diumumkan di laman http://www.sbmptn.or.id yang dapat diakses mulaitanggal 16 Juli 2014 pukul 17.00 WIB.
  2. Apabila terjadi perubahan tanggal pengumuman akan diberitahukan melalui laman dan/atau media massa.

Registrasi Ke PTN


Peserta yang dinyatakan lulus, harus melakukan registrasi ke PTN dengan menunjukkan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SBMPTN 2014 dan mengikuti segala persyaratan dan waktu yang ditetapkan oleh PTN.

Informasi SBMPTN


  1. Informasi resmi mengenai SBMPTN dapat diakses melalui laman resmi http://www.sbmptn.or.id.
  2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui Twitter @SekreSBMPTN, Facebook: www.facebook.com/PanitiaSBMPTN, Helpdesk: http://halo.sbmptn.or.id, dan call center 0804 1 456 456.
  3. Alamat Panitia SBMPTN 2014: Gedung Rektorat Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 35, Bandung 40135; Telepon (022) 842 88842; Faksimile (022) 842 88899.

Layanan Khusus


Bagi peserta berkebutuhan khusus yang mengikuti ujian akan dipandu oleh petugas dari Panitia Lokal.
 


Jadwal Penting SBMPTN 2014


NO
KEGIATAN
 JADWAL
1
  Launching SBMPTN
  21 Mar 2014
2
  Video Tutorial Tatacara Pendaftaran mulai dapat diunduh melalui laman SBMPTN   
  6 Mei 2014
3
  Panduan Peserta mulai dapat diunduh melalui laman SBMPTN
  6 Mei 2014
4
  Pendaftaran Online
  12 Mei – 6 Juni 2014 (Pukul 22:00 WIB)
5
  Ujian Tertulis
  17 Juni 2014
6
  Ujian Keterampilan
  18-19 Juni 2014
7
  Pengumuman Kelulusan (pukul 17.00 WIB)
  16 Juli 2014
Catatan:
  • Khusus untuk calon penerima Bidikmisi yang tercatat sebagai peserta SNMPTN 2014, pendaftaran SBMPTN 2014 baru dapat dilakukan setelah pengumuman kelulusan SNMPTN 2014 pada tanggal 27 Mei 2014 pukul 08:00 WIB



TATA CARA PEMBAYARAN BIAYA UJIAN SBMPTN 2014

http://www.sbmptn.or.id/file.php?id=1399702823_Tata%20Cara%20Pembayaran%20SBMPTN%202014.pdf

 


INFO SBMPTN RESMI, PERTANYAAN, DAN LAINNYA SILAHKAN KUNJUNGI

 http://www.sbmptn.or.id





 banner sbmptn call

 banner sbmptn helpdesk













references by tempo , jpnn, sbmptn.or.id

 
Like us on Facebook