August 30, 2014

Dampak Negatif Tas Sekolah Yang Terlalu Berat Bagi Anak

Coba cek apa yang ada di dalam tas sekolah buah hati Anda. Banyaknya buku pelajaran, buku tulis, perlengkapan sekolah membuat tak sedikit anak membawa beban berat di punggungnya. Tak hanya sekedar berat, beban tas berlebih membuat anak rentan mengalami nyeri otot.

 http://www.clarizzatomacruz.com/wp-content/uploads/2013/04/backpacks.jpg

Menurut The American Academy of Orthopedic Surgeon, beban tas anak harus kurang dari 10-15% dari berat tubuhnya. Meski beban tas tak berlebih acapkali anak salah menggunakan ransel. Tak heran jika ada 14.000 kasus anak dirawat di rumah sakit Amerika Serikat akibat penggunaan tas.

"Ransel yang tidak digunakan dengan baik bisa melukai otot dan sendi. Serta menimbulkan cedera pada punggung, leher, bahu serta masalah postur," terang ahli bedah ortopedi Daniel Green, seperti dilansir Huffington Post, Kamis (28/8/2014).

Untuk mengetahui apakah si Kecil membawa beban tas berlebih, coba cek apakah pada bahunya ada tanda merah, jelas osteopathic dokter Rob Boneffi.

Untuk menghindari beban tas berlebih, presiden American Chiropractic Association (ACA) Elise G. Hewitt menekankan untuk menggunakan tali pinggang. "Bahu tidak dirancang untuk menggantungkan sesuatu. Dengan menggunakan tali, berat tas bisa dibagi pada tulang pinggul, tak hanya pada bahu," terang dokter Hewitt.

Ide yang baik untuk diaplikasikan pada si Kecil agar tak membuat beban tas berlebih.

untutan anak sekolah zaman sekarang lebih banyak dibandingkan zaman dahulu. Beragam hal harus dibawa anak saat sekolah mulai dari buku pelajaran, buku tulis, alat tulis, bekal, baju olahraga dan masih banyak lagi.
Tas sekolah memang jadi penyebab umum sakit punggung pada anak-anak sekolah. Hal itu tercermin dalam penelitian di beberapa negara. "Studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa tas sekolah bisa jadi penyebab 60-80% anak-anak mengeluh sakit punggung," terang Lim Wan Ning, fisioterapi di National University Hospital seperti dikutip Yourhealth, Kamis (28/8/2014).

Untuk membuat si Kecil nyaman meski dengan beban tas berlebih, pilihan tas harus tepat dan nyaman untuk menghindarinya sakit punggung, leher dan bahu. Dilansir dari Huffington Post, Kamis (28/8/2014) perhatikan empat hal berikut saat membelikan tas anak yang aman serta membuatnya terhindar dari permasalahan punggung:

1. Cari tali bahu yang tebal untuk menopang beban berat dan tak terlalu membebani bahu.
2. Pilih bagian tas yang dekat dengan tubuh.
3. Panjang ransel disesuaikan dengan panjang punggung. Maksimal paling bagian terbawah 3 cm dari pinggang.
4. Ransel dengan tali pinggang.
Menurut presiden American Chiropractic Association (ACA) Pediatrics Council, dokter Elise G. Hewitt, tali pinggang akan membantu mendistribusikan berat tas ke tulang pinggul, tak hanya pada bahu.
Ada banyak pilihan tas ransel di pasaran yang memenuhi kriteria di atas yang aman demi menghindari cedera punggung pada anak.












references by liputan6

 
Like us on Facebook