August 19, 2014

Pilih Printer Infus, Refill, atau Menggunakan Catridge Original ?

Pernahkah bingung di dalam memilih produk printer baru karena faktor tinta? Pernah bingung kira-kira bagaimana cara menghemat penggunaan tinta pada produk printer anda? Atau bahkan terlanjur telah melakukan modifikasi yang akhirnya malah merusak printer kesayangan anda?

http://1.bp.blogspot.com/-2z7XBuvcVz0/UdTr3JbrR_I/AAAAAAAAACY/pYJhuiWCddk/s578/merk+printer.jpg



Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu faktor penting di dalam pemilihan printer adalah tinta (baca : kehematan tinta yang digunakan printer). Hal ini banyak membuat pengguna bingung dan akhirnya memilih produk untuk menghemat penggunaan tinta printer berdasarkan saran dari toko, saudara, rekan sekerja, teman karib atau bahkan tetangga. Dan ujung-ujungnya ternyata pilihan tersebut "salah" karena tidak sesuai dengan profil sang pengguna.

Disini, kita akan mencoba membantu calon pembeli Printer untuk memilih berdasarkan profil kuantitas penggunaan printer antara sistem Infus (CISS), Isi Ulang (Refill) atau tetap menggunakan Kartrid Original.

http://2.bp.blogspot.com/-gZjFmqKSfcg/T-WBI56HxYI/AAAAAAAAB1Q/uwGzNK6-0g0/s320/ciss+printer.jpg



1.  Sistem Infus (CISS)
Apabila profil sobat Printer sebagai berikut :

  • Mencetak dalam kuantitas banyak (estimasi cetak > 500 lembar atau lebih per minggu)
  • Sering dan Rutin dalam penggunaan printer (intensitas penggunaan antara 1-2 hari melakukan pencetakan)
  • Mau repot di dalam merawat printer.
  • Tidak takut kotor.
  • Memiliki printer merk HP, Canon dan Epson.
  • Jumlah pengguna terbatas sehingga cara pemakaian terkontrol (membutuhkan user dgn pengetahuan khusus tentang cara penggunaan dan Trouble shooting)

maka penggunaan Infus (CISS) akan sangat membantu anda di dalam penghematan ongkos cetak, dimana satu tabung tinta dapat digunakan untuk mencetak hingga 2000 lembar dan untuk mengisi tinta kembali hanya memerlukan biaya antara 20-30rb per warna.

Namun bukan berarti Infus (CISS) tidak memiliki kekurangan, antara lain :


  • Ribet dalam perawatan.
  • Apabila jarang digunakan banyak masalah yg muncul.
  • Kotor dan blepotan tinta.
  • Apabila dilakukan sembarangan dan bukan oleh tenaga ahli berpengalaman, maka tinta akan luber, bocor dan merusak komponen printer.
  • Penggunaan tinta sembarangan dapat merusak atau memperpendek umur print head/kartrid.
  • Semakin banyak pengguna, biasanya semakin tidak terkontrol perawatannya.
  • Garansi resmi printer hangus.




Cara kerja printer sistem infus? Apa keunggulan dan kerugian kalau printer kita di modifikasi menjadi printer dengan sistem infus CISS
alias "Continous Ink Supply System"

Banyak sekali toko yang menawarkan modifikasi printer dengan sistem INFUS.
Tinta model Infus berbentuk tabung yang menempel pada printer. Tabung tersebut berisi tinta yang dialirkan melalui selang ke print head kartrid printer seperti pada kartrid biasa.

Apa keuntungan menggunakan Printer sistem INFUS ini?
1. Biaya Cetak yang hemat dan Murah
Bisa mencetak ratusan sampai ribuan halaman kertas tanpa resiko kehabisan tinta pada saat sedang mencetak, karena kondisi level langsung terlihat dan bisa langsung di isi apabila sudah hampir habis tanpa harus berhenti mencetak.


Menghitung biaya cetak dengan harga tinta yang jauh lebih murah, irit di bandingkan membeli kartrid Orisinil ataupun menggunakan refill/suntik.


Kapasitas tinta Orisinil biasanya 3-9ml, sedangkan tinta tabung berisi sekitar 80-100ml dengan harga tinta tabung yang jauh lebih murah.
Secara rata rata, tinta kartrid Orisinil memiliki kapasitas mencetak 100-150 halaman, dimana kalau kita ingin mencetak 1000 lembar, kita harus membeli 10x kartid Orisinil.


2. Tinta tabung yang transparan sehingga kita bisa memonitor kondisi tinta setiap saat
3. Tidak membuang kertas dan tinta secara percuma, pada saat mencetak tidak terjadi resiko "Tinta Habis" dan akhirnya harus mengulang dari awal
4. Printhead pada printer bisa bertahan lebih lama

Apa Kerugian menggunakan Printer sistem INFUS CISS?
1. Garansi Printer menjadi batal
2. Hasil cetakan tidak sebaik menggunakan tinta ORI (Buruk), seringkali mencetak warna solid / foto terlihat perbedaan warna yang tidak cemerlang.
3. Model printer jadi tidak Rapi karena ada bagian tabung yang menempel di samping printer dan selang yang terlihat keluar
4. Repot apabila printer ingin di pindah tempat
5. Biaya tambahan yang harus di keluarkan untuk membuat sistem infus CISS
6. Apabila jarang di gunakan bisa terjadi resiko "Masuk Angin" di dalam selang, dimana tidak bisa mencetak dengan sempurna atau clogging / mampet sehingga printer tidak bisa mencetak dengan baik dan juga salah satu tinta warna tidak keluar.
7. Type printer tertentu membutuhkan saluran pembuangan sisa tinta yang tidak terpakai atau pada saat proses cleaning
8. Pemborosan Kertas karena sering terjadi pencetakan ulang
9. Dalam rentang tertentu harus di service entah karena salah satu tinta tidak keluar, mampet, dll yang biayanya mendekati harga printer baru

Hampir semua jenis printer inkjet/deskjet bisa di pasang sistem Infus CISS. Posisi print head yang memiliki ruang cukup lebar untuk bisa di gunakan.

Selain kita harus jeli melihat, men cek sistem modifikasi infus yang cocok untuk printer kita, hal yang cukup penting lainnya adalah jenis tinta apa yang sesuai untuk diisikan pada system infus CISS?

Bagaimana cara dan kapan kita mengisi tinta?
Pilihan tinta untuk model sistem CISS tergantung penggunaan pencetakan printer tersebut, apabila mencetak teks dokumen pilih dan gunakan jenis tinta yang encer, sehingga mengurangi resiko clogging atau mampet pada selang tinta.
Sedangkan untuk penggunaan pencetakan foto, tinta yang di gunakan bisa di sesuaikan dengan prinyer dan hasil cetak yang di inginkan.

Mengisi tinta lebih baik di lakukan apabila sisa 1/3 bagian dari tabung, jangan menunggu sampai habis baru di isi.



Jika Anda mencari printer yang bisa di Infus | CISS, kenapa alasan Anda mencari Produk tersebut?
Jika jawaban nya = "Murah"
Sebenarnya menggunakan printer Infus tidak murah, karena ada beberapa resiko dan biaya Tambahan yang bisa terjadi apabila Anda menggunakan printer dengan system Infus (CISS)

a. Printer tidak di tanggung garansi, sehingga biaya tak terduga akan menjadi beban biaya reparasi  - bahkan sampai Anda harus membeli sebuah printer baru, karena printer menjadi rusak.

b. Pada saat printer rusak karena proses infus atau refill, Anda harus me-relakan pekerjaan Anda tertunda dan mengganggu produktivitas kerja Anda.

c. Biaya jasa service ganti komponen hardware (catrigde, Print head) yg sering atau dalam rentang waktu tertentu karena bocor, mampet, terkena debu, dan hal lainnya, biayanya jika dijumlah-jumlah/ditabung bisa membeli 2-3 printer baru..

d. Seringkali  masalah | Trouble shooting yang terjadi pada Printer Infus adalah = "Masuk Angin" yang terjadi pada salah satu selang tinta dari tabung infus tinta yang mengalir ke Print Head | Kartrid sehingga hasil cetak tidak berjalan dengan baik karena salah satu tinta warna tidak mengalir/keluar.

Berikut ini illustrasi perbanding menggunakan Printer INK Advantage vs. Printer + Infus:

Printer merk "x" + System Infus 
Harga Printer = Rp. 650.000 + 1 set infus (sekitar Rp. 200.000,-) = Rp. 850.000,-






2. Isi Ulang / Refill 

Refill / Isi Ulang




Apabila profil Pengguna Printer sebagai berikut :



    a. Mencetak dalam kuantitas sedang (antara 100-400 lembar per minggu).

    b. Sudah memiliki printer saat ini tapi terasa boros.

    c. Harga kartrid original printer yg saat ini digunakan tergolong mahal.

    Intensitas pemakaian sedang (melakukan cetak antara 4-7 hari sekali).

    Tidak mau merusak penampilan fisik printer dan ingin tetap terlihat apa adanya.



Maka melakukan isi ulang adalah salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Sebenarnya setelah kartrid habis, kartrid dapat diisi ulang kembali hingga komponen kartrid tersebut rusak. Hal ini akan banyak menghemat pengeluaran uang dibanding selalu membeli kartrid original setelah tinta habis. Namun kelemahan dari metode ini adalah:



 a.  Garansi resmi printer hangus.

 b. Kartrid tetap akan rusak (tidak ada jaminan mengenai berapa kali sebuah kartrid dapat diisi ulang).

 c. Apabila dilakukan sembarangan dan bukan oleh tenaga ahli berpengalaman, maka tinta akan luber dan merusak komponen printer.






3. Cartridge Tinta Original


Apabila profil pengguna Printer sebagai berikut :



a.  Belum memiliki printer / sedang berpikir dan memilih produk printer yg sesuai.

b. Ingin menggunakan printer secara maksimal dan hasil yang selalu bisa diandalkan kapanpun.

c. Anti ribet dan ingin printer yang set and forget.

d.  Memiliki budget agak lega untuk tinta printer.

e.  Pengguna Rumahan, kantoran / small office dengan jumlah dan type pengguna yang beragam.



Saat ini sudah banyak beredar printer-printer yang memiliki teknologi pintar yang dapat membantu untukmenghemat penggunaan tinta printer, dimana harga printer dan kartrid originalnya sudah sangat terjangkau dibandingkan 2-3 tahun yang lalu.



Dengan harga kartrid antara 80-100rb, kita dapat mencetak mulai dari 480 - 1500 lembar dokumen teks hitam putih per kartrid. Bandingkan dengan printer type lama dimana harga kartrid 150-200rb dan hanya mampu mencetak 100-200 lembar saja.



Printer-printer dengan teknologi ini mempunyai nama yang berbeda-beda (tergantung vendor printer yang bersangkutan), dan biasanya dapat dikenali dari tulisan teknologi yang tertera di type printernya.
 Nah.. 
Kalian Lebih suka, ekonomis, dan murah mana?
 menggunakan Printer Infus, Refill, atau Menggunakan Catridge Original

 Sebenernya lagi ngantuk pas posting ini..
nanti dialnjut lagi yaaa ygg LEBIH LENGKAPNYA....
Di BOOKMARK AJA DULU DI BROWSER KALAIN :)
 KALAU PUNYA PENGALAMAN DENGAN PRINTER YANG KALIAN GINAKAN..
SILAHKAN SHARING PENGALAMAN KALIAN MENGGUNAKAN PRINTER TERSEBUT DI KOLOM KOMENTAR..
AGAR ORANG LAIN TAU DAN BERBAGI INDORMASI... ^-^
references by

 
Like us on Facebook