MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

September 10, 2014

Makanan Kuliner Khas Bali, Sate Lilit

Baca Artikel Lainnya

Dari sekian banyaknya jajanan atau kuliner khas Bali, sate lilit yang merupakan andalan yang patut dicoba jika berkunjung ke pulau Bali. Hidangan sate lilit kuliner khas Bali ini dapat dengan mudah kita temukan di banyak lokasi di pulau Bali.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicv2VRRH-FQG4nvn7LU0ohHNBdmqXnsXOOy0k0KG3nBM7ifohx7fkRpRAXlo-1ENElEdEhLQq8O-t3mX6kHTNQHHDfkaVcQj8JwgRnjS-OO0mKlTKlChmJs5JZCDoLFkvxFh-JAm8ZkpU/s1600/sate+lilit.jpg

Dibanding dengan hidangan sate lain yang ada, sate lilit khas Bali memiliki keunikan tersendiri. Karena, sate yang pada umumnya berbentuk beberapa potongan kecil daging yang ditusuk menjadi satu. Sedangkan untuk sate lilit, hanya berupa adonan menggumpal yang dibalutkan ke tusuk sate.

Gumpalan adonan tersebut merupakan daging yang telah dihaluskan. Adonan ini kemudian dibakar sama seperti sate lainnya, kemudian diberi bumbu yang memberikan aroma khas tersendiri.
http://justinsomnia.org/images/bumi-bali-cooking-class-grilling-sate-lilit-big.jpg


Keunikan lainnya dari sate lilit khas Bali ini adalah tidak dipasangkan dengan bumbu kacang seperti sate pada umumnya. Namun, hanya mengandalkan rasa pedas bumbu yang telah tercampur diadonan sebelum dibakar.

Rasa pedas yang ada dalam sate lilit merupakan campuran bumbu yang berada dalam adonan. Bumbu tersebut antara lain, bawang merah, bawang putih, serai, dan daun jeruk.
Campuran semua bumbu tersebut menghasilkan rasa pedas, manis, dan gurih dengan sentuhan rempah yang akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Resep Sate Lilit Khas Bali


Aroma ikan yang berpadu dengan serai yang dibakar pastinya membuat Anda tergoda. Sajian sate lilit khas Bali memang disukai banyak orang karena rasanya yang gurih.
Tak banyak yang menyajikan menu sate lilit kecuali di restoran khas Bali. Jika Anda ingin segera mencicipinya buat saja sendiri di rumah. Intip resep Yuda Bustara yang dikutip dari Koki.tv.


Bahan dasar:
- 150 gram daging ikan kakap giling
- 100 gram udang giling
- 50 gram kelapa parut kasar
- 2 buah cabai rawit hijau, cincang halus
- 1 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, iris tipis
- 1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
- 1/4 sendok teh asam jawa
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
- 1/2 sendok teh gula merah
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 14 batang serai, cuci bersih
Bumbu halus:
- 2 buah cabai merah besar, buang bijinya
- 2 siung bawang putih
- 5 butir bawang merah
- 1 cm kunyit, bakar
- 1 cm jahe
- 3 butir kemiri, sangrai
1/2 sendok teh terasi, bakar
Cara membuat:
1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, cabai rawit hijau, daun salam, daun jeruk, serai, dan asam jawa sampai harum. Angkat. Dinginkan.
2. Aduk rata menggunakan blender/food processor: daging ikan kakap, udang, kelapa parut, garam, merica hitam kasar, gula merah, dan bumbu tumis.
3. Ambil sedikit adonan di tangan. Rekatkan pada batang serai. Bentuk seperti pentul.
4. Bakar menggunakan griller atau oven sampai matang.
5. Sajikan bersama nasi putih/nasi merah dan sambal matah.
Untuk lebih detail, berikut langkah-langkah membuat sate lilit khas Bali dalam video berikut. Selamat memasak!
Videonya klik disini.



Sementara daging yang digunakan dalam adonan sate lilit tersebut biasanya menggunakan daging ikan laut seperti tuna. Namun, ada juga yang menggunakan daging ayam untuk bahan adonannya.
Karena, menggunakan daging ikan, panganan khas ini tentunya aman dan halal untuk dimakan semua umat beragama.









references by  amawana.com, beritasatu

 
Like us on Facebook