October 21, 2014

Founder Kaskus: Jangan Remehkan Bahasa Inggris

Kalau mau lanjut kuliah ke luar negeri, pasti kita udah banyak pengennya. Kita udah ngawang-ngawang mau ke negara mana, universitas apa, mau gaul atau jalan-jalan ke mana, dan pokoknya nggak lupa buat dateng ke education fair buat daftar lanjut kuliah ke negara yang dituju.
http://cdn.kaskus.com/images/2014/07/12/2153040_20140712021932.jpg

Cuma, biasanya kita suka lupa satu hal yang penting di sekolah, tapi juga sederhana. Bahasa Inggris! Yup, pelajaran satu ini kadang nggak kita sadari bakal membantu kita banget buat melanjutkan studi ke luar negeri, meskipun ke dalam negeri juga nggak boleh dilupain.

Soalnya bahasa Inggris itu penting banget, nggak cuma buat nilai bagus di Ujian Nasional atau tes masuk ke universitas luar negeri yang dituju, tapi juga buat bergaul dan bersosialisasi sama orang-orang baru di negeri sebrang sana.


Siapa sih, yang nggak tahu Andrew Darwis? Founder komunitas online terbesar di Indonesia yang udah punya member sekitar lebih dari 3 juta orang. Yup, Kaskus, guys!
Awalnya pemilik Mimin Kaskus ini sempat mengecap pendidikan S1 di Universitas Bina Nusantara alias Binus di Jakarta 1998. Tapi karena masa-masa itu adalah masa reformasi dan krismon, plus yang namanya belajar tentang internet dan desain itu juga lagi nge-hits , Andrew pun terbawa omongan temennya buat kuliah ke Art Institute of Seattle, Seattle, Amerika Serikat pada 1999.

“Waktu itu yang namanya kuliah ke luar negeri, susah. Apalagi pas krismon kan. Waktu saya memutuskan ke luar negeri itu karena emang internet lagi nge-hits  banget. Temen-temen saya akhirnya pada pindah ke Amerika. Saya pun juga karena tertarik desain dan multimedia, akhirnya memutuskan buat ke Amerika Serikat,” cerita Sang Mimin singkat.

Katanya sih, hambatan kita buat kuliah ke luar negeri itu sederhana. Bahasa Inggris. Ya, kadang kita menyepelekannya di sekolah, tapi kalau kita belajarnya serius, ya di luar negeri ngobrol sama orang di negeri sana jadi lebih enak.

“Bahasa Inggris itu penting banget. Jangan bisa sedikit-sedikit, tapi bener-bener dipersiapin. Seenggaknya ngerti sama obrolannya deh, buat pengembangannya mungkin bisa sambil jalan sehari-hari,” saran Chief Technology Officer (CTO) Kaskus ini. 

Gimana guys, udah dapet gambaran kira-kira mau lanjut kuliah ke negeri atau belum? Ya, meskipun nggak lanjut ke luar negeri bahasa Inggris itu penting! Apalagi AFTA 2015 nanti udah mulai berlaku.







references by haionline

 
Like us on Facebook