October 10, 2014

MSG Tidak Berbahaya, Benarkah?

Sejak beberapa tahun lalu, sebagian besar ibu menghindari penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) dalam masakan. Sebab, MSG disinyalir memberi pengaruh buruk pada kesehatan.

http://www.msgdish.com/wp-content/uploads/2014/10/orange-580x389.jpg
Namun, penelitian terkini yang dilakukan ahli Food and Drug Administration (FDA) memaparkan bahwa penggunaan bahan gurih ini pada makanan sebetulnya aman. Para peneliti tidak menemukan hubungan antara penggunaan MSG dengan munculnya reaksi atau penyakit tertentu dalam tubuh.

"MSG mungkin sedikit berpengaruh pada peningkatan berat badan. Namun, dampaknya untuk mengganggu kesehatan tubuh secara serius, saya rasa tidak," ujar peneliti yang dilansir Yahoo Health, Minggu (28/9/2014).

FDA menunjukkan bahwa asam glutamat tidak ada berhubungan dengan gluten (protein lengket yang bisa menyebabkan alergi pada orang yang mengonsumsi).

Sebagai pembuktian bahwa MSG aman, American Chemical Society merilis sebuah video yang menunjukkan bahwa MSG bukanlah bahan yang harus dihindari. Dalam video tersebut digambarkan makanan-makanan yang diberi bahan MSG, kemudian para ahli menjelaskan secara ilmiah, bagaimana bahan tersebut tidak berbahaya bagi tubuh.

Seperti diketahui, sebelum dipublikasikan pernyataan ini, banyak persepsi negatif yang beredar mengenai MSG dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Di antaranya sakit kepala, palpitasi jantung (jantung berdebar abnormal), dan rasa mual.

 Videonya http://youtu.be/VJw8r_YWJ9k








references by metrotvnews

 
Like us on Facebook