October 25, 2014

Review Fitur & Kelebihan Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn

Secara umum penampilan antarmuka Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn ini tak banyak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan Ubuntu 14.04 LTS. Seperti biasa, rilis terbaru Ubuntu selalu hadir dengan kernel Linux yang lebih bari dan dibarengi dengan paket aplikasi versi baru. Pengguna Ubuntu 14.04 LTS juga dapat melakukan upgrade ke versi Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn.

“Seperti halnya dengan setiap rilis baru, paket aplikasi dan perangkat lunak dari semua jenis – sedang diperbarui dengan pesat. Banyak dari paket ini berasal dari sinkronisasi otomatis dari cabang Debian unstable, yang telah secara eksplisit ditarik untuk Ubuntu 14.10,” keterangan resmi pengembang.
Rilis Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn ini menggunakan linux Lernel 3.16 yang biasanya telah dikostum sendiri oleh Canonical. Bagi pengguna Linux yang tak nyaman dengan Unity dapat memilih rilis Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn rasa lain, sebut saja Lubuntu, Xubuntu, Kubuntu atau Ubuntu Gnome yang mana semuanya menggunakan lingkungan desktop yang berbeda.


Sama seperi rilis Ubuntu standar lainnya, Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn akan mendapatkan dukungan dari canonical selama 9 bulan saja. Canonical juga mengungkapkan bahwa Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn ini juga hadir dengan sjumlah perbaikan bug dan tentu saja peningkatan kinerja.
“The last release was 14.04, our Long-Term Support release, and that tends to mean that we don’t try to do anything too dangerous with it,” Ubuntu Server Product Manager Mark Baker told The WHIR. He noted that it’s likely that around 70 percent or more of enterprises run the LTS version, and they appreciate a “rock-solid” code base. “This release, 14.10 is an interim release, it’s an area where we showcase a lot of technology.”
  • Docker Support
  • Making Cloud Foundry Easier
  • Handling Big Data with Hadoop
  • Dealing with Windows Workloads
  • Utilizing SSD



Review Video





Screenshoots






























image credit to linuxscoop

 
Like us on Facebook