October 28, 2014

Trik Membersihkan Goresan Pada CD / DVD

Kebanyakan orang, metode mendapati kaset/ disc kesayangan atau pinjaman tergores adalah menggantinya dengan yang baru.

Terkena cahaya, Debu, Goresan atau kerusakan kecil kerap membuat disc tidak dapat terbaca di komputer, laptop, media CD/DVD dan juga CD/DVD player.

http://static.giantbomb.com/uploads/original/7/77347/1262303-scratched_disc.jpg


Dilansir dari Digitaltrends, Senin (27/10/2014), berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi disc tergores.

1. Mr Clean Magic Eraser
Pembersih relatif terjangkau ini dikenal sebagai pembersih perangkat rumah tangga. Ternyata, juga dapat digunakan membersihkan cakram optik.

Meskipun Magic Eraser merupakan pembersih basah, namun tetap dapat digosokkan secara halus di atas permukaan disc. Metode penggosokkan hendaknya dilakukan secara searah dari permukaan yang tergores ke arah luar.

Metode ini diharapkan tidak mempengaruhi data di dalamnya. Mr Clean Magic Eraser terbuat dari busa melamin, seperti busa yang biasa digunakan untuk meredam panas dan suara. Sifat unik dari bahan dipadukan dengan bahan kimia, dapat dimanfaatkan untuk membersihkan permukaan.

Cara kerjanya adalaha, busa bertindak sebagai abrasif, seperti amplas, yang dapat menghaluskan permukaan luar disc sehingga dapat terbaca.

Ketika menggosok disc harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati, sehingga tidak merusak lapisan data di dalamnya.

http://www.fixadisc.com/images/disclayers.gif

http://www.digitalinnovations.com/wp-content/uploads/2013/10/disc-resurfacing.png



2. Mesin Pembersih High-EndBuat Anda yang tidak sayang merogoh saku lebih dalam, mesin pembersih satu ini bisa diandalkan dengan harga banderol USD500 atau sekitar Rp6 juta.

Memang hal ini terdengar kurang masuk akal, karena hanya untuk membersihkan goresan harus mengeluarkan ekstra budget. Membeli disc baru relatif lebih mudah dan lebih murah.

Tapi masuk akal, jika mengingat disc itu keluaran terbatas dan merupakan kesayangan Anda.



http://www.jewishsoftware.com/products/images/productshots/Laser%20Lens%20Cleaner.gif




3. WaxJika tidak ada metode lain yang bisa digunakan untuk memulihkan disc kesayangan, Anda bisa melakukan cara ini.

Seandainya, salah satu komputer bisa membaca disc tergores Anda, burning ke disc lain untuk mendapatkan copy-nya. Sehingga tidak perlu pusing lagi dengan goresan pada disc lama.

Namun, jika goresan pada disc masih ada, kemungkinan kerusakannya sudah permanen. Dalam hal ini, Anda bisa mengambil satu atau lebih bahan yang digunakan untuk membuat disc bisa terbaca lagi.

Sejumlah bahan yang bisa digunakan dan dinilai cukup efektif adalah pasta gigi, selai kacang, semir sepatu, pembersih jendela, petroleum jelly, kulit pisang, dan bahan lainnya.

Oleskan salah satu bahan tersebut, pada bagian yang tergores. Satu kesamaan yang harus diperhatikan pada semua bahan tersebut adalah, minyak. Zat ini akan membantu mengisi beberapa kekosongan dari goresan, bahkan setelah mereka telah dibersihkan.



Dari ketiga tips di atas, diharapkan dapat membantu Anda agar disc dapat terbaca kembali.
Selamat mencoba. Atau punya tips lainnya?
Silahkan tinggalkan dikolom komentar

 
Like us on Facebook