October 5, 2014

Windows 10 Consumer Preview Rilis Awal 2015

Microsoft mengungkapkan bahwa Windows 10 Consumer Preview akan dirilis paling cepat awal 2015 mendatang. Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini juga memperingatkan konsumen yang telah mengunduh Windows 10 Technical Preview untuk tidak digunakan dalam komputasi sehari-hari karena masih banyak memiliki kekurangan.

 
Microsoft menganjurkan pada konsumen untuk menunggu rilis sistem operasi Windows 10 Consumer Review yang lebih matang dan dirilis awal 2015 bagi konsumen yang ingin mencicipi sistem operasi penerus dari Windows 8/8.1. Meski demikian, siapa saja tetap boleh mengunduh Windows 10 Technical Preview yang dirilis beberapa waktu lalu.
“Kami punya Consumer Preview pada awal tahun 2015, maka Developer Preview pada bulan April, diikuti dengan peluncuran versi final di akhir tahun. Technical Preview bukan cara untuk mendapatkan ide dari apa yang diharapkan di Consumer Preview, juga bukan tempat bagi pengembang untuk mencoba mengembangkan aplikasi di Windows 10. Ini ditujukan untuk pengguna perusahaan kami,” keterangan Microsoft.
Sistem operasi Windows 10 dipastikan akan hadir dengan standar DirectX 12 yang akan membawa peningkatan kualitas grafis pada game-game di masa depan yang mendukung standar tersebut. Informasi mengenai kehadiran DirectX 12 pada Windows 10 diungkapkan secara langsung oleh Bryan Langley dari Microsoft melalui posting blog-nya.

Fitur baru yang ditawarkan oleh Windows 10 adalah Universal App atau aplikasi yang berbasis Modern UI dapat berjalan dilingkungan desktop seperti aplikasi biasa. Windows 10 dilengkapi dengan tombol Start Menu hybrid yang menggabungkan desain Aero Windows 7 dengan Modern UI milik Windows 8 yang tak hanya menampilkan aplikasi desktop, tetapi juga Start Screen.

Multiple desktop adalah salah satu fitur unggulan dari Windows 10 yang disebut dengan Task View. Secara umum tak jauh berbeda dengan vitual desktop di Mac OS X atau Linux. Pengguna dapat beralih dari desktop satu ke desktop lainnya dengan menekan CTRL + V, seperti yang dilansir dari Pocket Lint

Windows 10 akan Hadir dengan Dukungan DirectX 12

Sistem operasi Windows 10 dipastikan akan hadir dengan standar DirectX 12 yang akan membawa peningkatan kualitas grafis pada game-game di masa depan yang mendukung standar tersebut. Informasi mengenai kehadiran DirectX 12 pada Windows 10 diungkapkan secara langsung oleh Bryan Langley dari Microsoft melalui posting blog-nya.

Seperti yang kita ketahui, sistem operasi Windows 10 versi Technical Preview hadir tanpa dukungan DirectX 12. Melalui posting blognya, Bryan Langley, mengatakan bahwa Microsoft telah menggandeng Epic untuk mengembangkan standar DirectX 12 di repository GitHub Unreal Engine 4. Beberapa pengembang game memang telah mendapatkan akses awal DirectX 12 ini dan memulai mengembangkan game dengan standar tersebut.

Sebuah screenshot telah beredar di internet (gambar di atas) menggunakan Unreal Engine 4.4 Landscape Demo besutan Epic yang berjalan di sebuah sistem menggunakan pengolah grafis dari Intel Haswell. Satu hal yang menarik dari DirectX 12 ini adalah pengembang dapat lebih mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh perangkat keras dan mengurangi overhead untuk meningkatkan kinerjanya.

Apa yang menjadi fitur unggulan dari Microsoft DirectX 12 yang disuntikkan pada sistem operasi Windows 10 serupa dengan apa yang ditawarkan oleh AMD melalui Mantle API (Applications Programming Interface). AMD sendiri menghadirkan Mantle API ini untuk meningkatkan kinerjanya pada game dengan DirectX 11, seperti yang dilansir dari Toms Hardware (03/10/2014).

Tak semua pengolah grafis yang ada di pasar saat ini telah mendukung standar DirectX 12. Namun ada kabar baik bahwa Nvidia dan AMD menyatakan kartu grafis masa kini akan mendapat dukungan DirectX 12 ini. Kartu grafis Nvidia generasi Fermi, Kepler, dan Maxwell akan mendapatkan dukungan DirectX 12. Sedangkan AMD yang mendapat dukungan DirectX 12 adalah seri GCN.














refernces by sidomi

 
Like us on Facebook