November 24, 2014

Manfaat Sinar Matahari Bagi Tubuh

SINAR matahari tidak hanya bermanfaat karena mengandung vitamin D yang baik untuk tulang. Sebab, paparan sang surya ternyata juga dapat menurunkan berat badan.
http://3.bp.blogspot.com/-xNKkmlgHYm8/TkJ6xvXEPHI/AAAAAAAAB9Y/-47mFQSltME/s400/afternoon-evening-field-girl-morning-rase-up-Favim.com-95774.jpg

Kesimpulan itu berdasarkan kajian para peneliti dari Edinburgh dan Southampton University yang menemukan sinar matahari bisa membantu menjaga tubuh tetap ramping. Penyebabnya, paparan moderat terhadap sinar ultraviolet (UV) membantu melepaskan zat kimia yang memperlambat perkembangan obesitas dan diabetes tipe 2.

"Studi seperti ini membantu kita untuk memahami bagaimana matahari bisa menjadi berguna bagi kesehatan kita," kata ahli dermatologi, Dr. Richard Weller, seperti dilansir laman Daily Mail, Minggu (16/11).
"Dan kita perlu ingat bahwa kanker kulit bukan satu-satunya penyakit yang bisa membunuh kita dan mungkin anda harus mempertimbangkan saran kami akan manfaat paparan sinar matahari, tentunya jika anda terpapar sinar matahari pada waktu yang tepat," katanya lebih lanjut.

Sedangkan Profesor Martin Feelish yang menanggapi hasil penelitian itu mengatakan, observasi itu menunjukkan bahwa jumlah oksida nitrat yang dilepaskan dari kulit kemungkinan memiliki efek menguntungkan tidak hanya pada jantung dan pembuluh darah, tetapi juga pada cara tubuh kita mengatur metabolisme.

Temuan itu penting karena para ilmuwan telah menunjukkan bahwa paparan kulit kasual sinar matahari, bersama-sama dengan banyak latihan dan diet yang sehat dapat membantu mencegah perkembangan obesitas pada anak-anak.

" Ini merupakan studi penting yang menunjukkan bahwa faktor-faktor gaya hidup di luar diet dapat membantu mencegah kenaikan berat badan, dan diabetes," kata Profesor David Ray

 
Like us on Facebook