November 19, 2014

TIPS MENGIRIM SURAT LAMARAN KERJA VIA E-MAIL YANG BAIK

banyak perusahaan menerima lamaran pekerjaan melalui email. Karena itulah, kita perlu mengetahui tata cara mengirim email berisi surat lamaran.

Hal terpenting adalah, memperhatikan instruksi perusahaan tentang bagaimana Anda mengirimkan surat lamaran dan resume atau curriculum vitae (CV). Anda juga harus memastikan, surat lamaran Anda sudah ditulis dengan baik. Isi surat lamaran tersebut harus fokus pada kualifikasi Anda dan mengapa Anda cocok untuk mengisi posisi yang Anda lamar.

About.com, Senin (17/11/2014), melansir, ketika melamar via email, sebaiknya Anda menyalin (copy) dan menempel (paste) isi surat lamaran pada badan email. Ikuti juga instruksi lain, misalnya soal lampiran. Ada perusahaan yang meminta Anda melampirkan resume dalam bentuk file PDF atau Microsoft Word.

Meski demikian, ada juga perusahaan yang tidak menerima lampiran. Jadi, salin dan tempel juga resume Anda di badan email.

Gunakan jenis huruf sederhana serta pakai format email formal dan simpel. Jangan gunakan HTML karena Anda tidak mengetahui format email yang digunakan perusahaan tujuan.

Subjek email

Pastikan Anda mencantumkan posisi yang ingin dilamar di subjek email. Dengan begitu, pihak perusahaan bisa langsung mengetahui posisi apa yang Anda tuju.

Signature

Jangan lupa cantumkan signature Anda di bagian bawah email. Tuliskan juga informasi kontak Anda, sehingga memudahkan manajer HRD untuk menghubungi Anda.

Kirim email tes

Untuk mengetahui apakah format email Anda sudah benar, coba kirimkan email lamaran kerja tersebut kepada diri sendiri. Jika semua terlihat baik, kirimkan ulang ke perusahaan.

Cek ulang

Periksa kembali dari awal, Pastikan tidak ada kesalahan ketik dan tata bahasa dalam email Anda.

Semoga perusahaan yang Anda kirimkan emailnya memanggil Anda untuk wawancara kerja & kemudian diterima bekerja disana









references by okezone

 
Like us on Facebook