December 23, 2014

Dampak Negatif begadang Untuk Jiwa

Kebiasaan begadang mungkin bagi sebagian orang adalah rutinitas yang harus dilakukan oleh sebab tuntutan pekerjaan, atau memang akibat sulit tidur di malam hari.


Kebiasaan begadang ini, apapun alasannya diklaim sebagai hal yang tak sehat, sebab normalnya jam biologis manusia menuntut tubuh untuk tidur cukup di malam hari. 8 jam adalah waktu tidur yang disebut ideal untuk seseorang tidur.

Sebuah studi terbaru bahkan mengungkap bahwa orang yang selalu begadang atau tak tidur di malam hari mempunyai tingkat paranoid atau kekhawatiran yang berlebihan. Psikolog Jacob A. Nota, si peneliti, menyebutkan bahwa makin larut seseorang tidur, maka ia akan makin berpotensi untuk paranoid sepanjang hari esoknya.

Jacob melakukan survei terhadap sebanyak 100 relawan mahasiswa untuk mempelajari kebiasaan tidur mereka. Yang tampak, makin sering mahasiswa begadang, maka pikiran negatif yang mereka alami jadi lebih sering, serta berulang muncul pada keesokan harinya.

Hal ini diakui oleh Jacob belum ia ketahui penyebab pastinya, apakah kualitas tidur mereka yang buruk karena sering terjaga, kepribadian si mahasiswa yang memang dasarnya paranoid, atau justru karena paranoid maka ia sulit tidur.

Namun diakui atau tidak, tidur yang cukup di malam hari akan membuat tubuh dan pikiran jadi lebih segar, positif dan siap melakukan aktivitas dengan semangat di pagi harinya.












references by sidomi

 
Like us on Facebook