January 5, 2015

Jenis Makanan Untuk Perkembangan Otak Anak

MAKANAN yang sehat tidak hanya baik untuk tubuh anak dan perkembangan otak anak. Manfaat dari makanan yang sehat dapat meningkatkan fungsi otak, daya ingat dan kosentrasi pada anak.

Ada sepuluh jenis makanan bernutrisi yang dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkakan daya ingat bagi anak dikutip dari Medicinenet.com :



 

1. Salmon
Ikan Salmon yang sering dijumpai di peraraian Benua Amerika ini mempunyai asam lemak omega 3 atau  bisa dikenal dengan kandungan DHA (docosahexaenoic acid) .  Kandungan lemak ini dapat membantu anak-anak meningkatkan keterampilan mental mereka.

2.  Telur
Telur adalah sumber kandungan protein yang banyak, terlebih  kuning telur mengandung kolin, 6 gram protein yang berkualitas dan juga 9 asam amini esensial, nutrisi penting untuk perkembangan memori.

3. Selai Kacang
Selai yang biasa digunakan untuk makan roti ini memang banyak disukai oleh anak-anak. Selai tersebut mengandung banyak vitamin E serta antioksidan yang melindungi lapisan membran saraf. Selai juga memiliki Vitamin B1 sebagai metabolisme karbohidrat dan juga menormalkan aktivitas saraf. Serta kandungan glukosa yang ada pada selai kacang ini, baik untuk otak dan memberikan energi pada tubuh.

4. Roti Gandum
Biji-bijian Gandum seperti roti gandum dan sereal memberikan banyak kandungan glukosa didalamnya. Kandungan tersebut merupakan sumber energi dan dapat meningkatkan kerja otak. Biji-bijian juga mengandung vitamin B, yang baik untuk sistem saraf.

5.  Oatmeal
Oats dan oatmeal yang merupakan gandum berserat adalah sumber bahan bakar untuk otak. Oats yang dikemas dengan serat dapat mengenyangkan perut anak-anak dengan cepat dan dapat mengurangi cemilan Junk Food yang disukai Anak. Oatmel juga merupakan sumber yang sangat baik berupa kandungan vitamin E, B kompleks, untuk membantu otak anak-anak agar bekerja dengan baik.

6. Buah Beri
Buah Beri yang mungil dan kecil ini dapat membantu meningkatkan memori. Kandungan yang terdapat di buah Beri dikemas dengan vitamin C dan antioksidan lainnya. Biji dari buah juga mengandung lemak omega 3 yang membantu dengan fungsi otak. Buah beri  dapat digunakan sebagai camilan sehat atau makanan penutup.

7. Kacang
Kacang-kacangan, maupun sayur kacang ini baik untuk jantung dan baik untuk otak anak-anak. Kandungan yang banyak mengandung  protein, karbohidrat, serat, dan vitamin dan mineral bisa menjaga tingkat energi dan otak lebih tinggi. Kacang adalah pilihan yang baik, karena mengandung lebih banyak omega 3 asam lemak yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

8. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau ini mengandung antioksidan untuk menjaga sel-sel otak yang sehat. Beberapa sayuran seperti tomat, ubi jalar, labu wortel, dan bayam baik untuk diet pada anak.

9. Susu & Yogurt
Susu dikenal dengan minuman yang banyak mengandung kalsium, magnesium dan potasium dengan Vitamin B6 dan B12 memang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak. Selain Susu rendah lemak atau biasa disebut yogurt mengandung sumber besar protein dan karbohidrat musuh otak.

Tak hanya Vitamin B6 dan B12, susu mengandung vitamin D, yang dibutuhkan untuk  anak-anak serta remaja. Bahkan, anak Remaja juga membutuhkan asupan susu dalam jumlah yang lebih besar daripada orang dewasa.

10. Daging Sapi
Daging sapi atau daging tanpa lemak adalah sumber zat besi, yang membantu anak-anak mendapatkan sumber energi yang lebih dan serta membuat kinerja otak lebih fokus saat belajar di sekolah.









references by sindonews

 
Like us on Facebook