January 2, 2015

Tips Mengetahui Karakter Tempramental Anak

Setiap anak memiliki tempramen yang berbeda. Ada anak yang memiliki tempramen keras, lembut, ada juga yang kombinasi keduanya, kadang keras kadang lembut.

Nah, anak Anda masuk tempramen yang mana? Psikolog Anak, Ine Indriani Aditya, M.Psi mengajak Anda untuk mengenal tempramen anak. Berikut tiga tipe tempramen anak menurut Ine.



Easy child


Anak dengan tempramen ini cenderung memiliki mood positif, ia juga berespon baik dengan perubahan. Anak seperti ini juga mudah diperkenalkan dengan makanan baru. Ia pun mudah senyum dengan orang baru. Selain itu, anak dengan tempramen easy child ini mudah beradaptasi dengan rutinitas dan aturan. Ia pun tak mudah frustasi dengan situasi sulit.

Difficult child

Berbeda dengan easy child, anak dengan tempramen difficult child ini moodnya cenderung negatif. Ia pun sulit beradaptasi dengan perubahan dan juga sulit beradaptasi dengan makanan baru. Anak ini pun penuh curiga dengan orang baru. Bukan hanya itu, ia juga sulit beradaptasi dengan rutinitas dan aturan. Serta mudah frustasi atau tantrum pada situasi sulit.




Slow to warm up child

Bagaimana dengan tempramen anak satu ini? Tempramen ini merupakan kombinasi tempramen easy dan difficult child. Anak ini memiliki mood yang positif dan negatif. Ia membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan. Ia pun beradaptasi sedikit lamban dengan makanan baru juga beradaptasi sedikit lamban dengan orang baru. Bahkan ia pun beradaptasi sedikit lamban dengan rutinitas dan aturan. Dan ia butuh beradaptasi dengan situasi sulit.











references by republika

 
Like us on Facebook