February 7, 2015

Khasiat Buah Sawo Bagi Kulit & Rambut

Nama "Sapota" mungkin tidak akrab di telinga. Buah ini lebih dikenal dengan nama sawo atau ciku (Chikoo). Sawo merupakan buah yang lezat, kaya vitamin, mineral, antioksidan, dan kalori. Tak hanya menyehatkan, sawo juga baik untuk kulit dan rambut.



Berikut beberapa manfaat sawo untuk kesehatan kulit dan rambut, seperti dikutip dari stylecraze:

Manfaat untuk kesehatan kulit
1. Sawo membuat kulit bersinar, sehingga mengurangi kebutuhan Anda terhadap produk perawatan kulit. Vitamin E dalam buah ini melembabkan kulit dan meningkatkan tekstur alami kulit. Makan sawo baik untuk kulit.

2. Sawo kaya antioksidan. Bertindak sebagai agen anti-penuaan dengan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sawo juga efektif mengurangi keriput.

3. Minyak biji kernel dari sawo digunakan sebagai salep kulit. Residu dari biji sawo--setelah diekstraksi menjadi minyak--dapat dioleskan sebagai salep untuk penyakit kulit.

4. Getah susu dari pohon sawo dapat menghilangkan kutil dan jamur di kulit.

5. Kombinasi vitamin A dan C memperindah kulit. Rutin mengonsumsi sawo dapat menyehatkan kulit.

Manfaat untuk kesehatan rambut:
1. Minyak biji sawo dapat melembabkan dan melembutkan rambut sehingga mudah ditata. Selain itu, sangat baik untuk rambut keriting agar tampak kemilau. Minyak biji sawo mudah diserap tanpa meninggalkan kesan berminyak.

2. Minyak biji sawo juga memelihara kulit kepala sekaligus mengurangi iritasi. Minyak ini juga dapat menyuburkan rambut dan efektif mengurangi kerontokan rambut yang disebabkan oleh dermatitis seboroik.

3. Biji sawo juga dapat mengobati ketombe. Campurkan biji sawo yang telah dihaluskan dengan minyak jarak. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan diamkan semalaman. Selamat mencoba.








references by metrotvnews

 
Like us on Facebook