March 15, 2015

Resep Roti Maryam dan Gulai Maryam

Roti maryam dan gulai maryam memang tidak asing lagi bagi warga Surabaya. Kuliner yang berasal dari Timur Tengah itu memang sudah dikenal dengan kelezatannya di Surabaya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa sekaligus berwisata religi di Makam Sunan Ampel, Surabaya utara.


Cara pembuatannya pun relatif mudah. Cukup sediakan bahan-bahan yang diperlukan seperti mentega 1,5 kg, telur 12 butir, tepung cakra 7 kg, susu 2 liter, dan satu sendok makan garam. Kemudian bahan tersebut diaduk dengan menggunakan mesin khusus selama 15 menit kemudian digoreng.

"Bahan-bahan itu diaduk dengan mesin khusus selama 15 menit kemudian digoreng," kata Ema Fitriyah, 42, salah satu pedagang roti maryam di Jl Petukangan Baru No 22B Surabaya, Minggu (8/3/2015).

Roti maryam akan terasa lebih mantap bila disantap dengan bumbunya yakni Gulai Maryam atau bisa juga dengan gula pasir secukupnya.

Untuk gulai maryam, diperlukan bahan yang diperlukan relatif banyak. Ada dua jenis bahan bumbu yaitu bumbu basah dan bumbu kering. Bumbu basah misalnya, jahe 2 biji, laos 2 butir, daun jeruk purut 2 buah, sereh 2 batang, 2 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, dan cabai merah.

Untuk bumbu kering, ketumbar 3 sendok, keningar (kayu manis) 1 biji, merica 1 sendok teh, jinten 1 sendok makan, cengkeh 5 butir, pala 1 potong.




"Untuk membuat gulai maryam, bahan-bahan bumbu basah diaduk sampai halus kemudian dicampur dengan bumbu kering. Roti maryam akan lebih nikmat kalau dimakan dengan gulai maryam. Bisa juga pakai gula," tutur perempuan yang biasa disapa Bu Ema itu.












references by metrotvnews

 
Like us on Facebook