May 28, 2015

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Tidur?

Tubuh seseorang seperti sebuah pabrik yang bekerja 24 jam tanpa henti. Tubuh ini secara kontinyu mengusahakan kebaikan bagi pemiliknya. Bahkan saat seseorang tidur, berbagai bagian di dalam tubuh melakukan serangkaian kegiatan untuk mengoptimalkan fungsi. Salah satu contohnya saat Anda lelah dan tidak bertenaga, tubuh akan membugarkan kembali setelah Anda tidur.



Dikutip dari laman Times of India, ada banyak hal yang dilakukan oleh tubuh saat Anda tidur. Berikut ini aktivitas dari tubuh saat seseorang terlelap:

Menurunkan suhu tubuh. 
Ketika orang tidak tidur, tubuh akan membakar kalori, Sebaliknya, saat tidur justru tubuh akan menurunkan suhu tubuh sehingga Anda lebih nyaman beristirahat.

Tubuh melakukan proses pembuangan racun. 
Proses detoksifikasi juga terjadi ketika seseorang tidur. Pikiran diistirahatkan sementara bagian tubuh lain segera melakukan peremajaan hingga ke bagian sel. Tubuh menjadi lebih sehat di pagi hari. Oleh sebab itu, usahakan tidak sering begadang dan segera tidur malam tepat waktu.

Sistem kekebalan tubuh meningkat. 
Inilai yang membuat Anda lebih mudah sembuh dari sakit ketika lebih banyak beristirahat dengan tidur. Imunitas tubuh meningkat dan mampu memberantas parasit yang masuk tubuh. Contohnya flu, pilek, batuk, penyakit lainnya segera sembuh dengan beristirahat dan mendapatkan dukungan kesembuhan lainnya seperti makana bergizi maupun obat.

Tubuh bergerak 5 sampai 15 kali per jam. 
Dalam keadaan tidak terlalu sadar, tubuh secara otomatis menggerakkan badan selama tidur baik itu miring, terlentang, dan sebagainya. Semua itu dilakukan tubuh demi kebaikan Anda sendiri seperti untuk menjaga peredaran lebih lancar. Inilah keajaiban dan kebaikan tubuh di kala tidur.









references by sidomi

 
Like us on Facebook